Tingkatkan Kapasitas Dosen, Fakultas Syariah UIN Khas Jember Gandeng Unesa Surabaya dan Unnes Semarang

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM | Jember – Transformasi IAIN Jember menjadi Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember, membawa angin segar bagi Fakultas Syariah dalam menggepakkan sayapnya untuk memperluas koneksi maupun kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi lain di Indonesia.

Gayung pun bersambut. Rabu, 2 Juni 2021, Fakultas Syariah dan Hukum UIN KHAS Jember melakukan penandatanganan kerjasama dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang (UNNES). Karena situasi pandemi Covid-19 maka acara kerja sama itu berlangsung “desk by desk”.

Menurut Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum UIN KHAS Jember, Martoyo, tujuan kerjasama tersebut adalah untuk meningkatkan kapasitas dan pengalaman dosen melalui penyelenggaraan kegiatan Tridharma perguruan tinggi dan meningkatkan pengalaman belajar bagi mahasiswa.

Baca Juga:  UIN KHAS Jember Siap Bersaing dengan Universitas Umum

“Kerjasama ini akan sangat memberi peluang besar bagi mahasiswa untuk meningkatkan kapasitasnya, karena mereka mendapat kesempatan untuk belajar dan berbagi pengalaman dengan mahasiswa dari Fakultas Hukum PTU yang berkualitas untuk pengembangan mutu akademik dan pengembangan potensi-potensi non akademik sehingga Fakultas Syariah dan Hukum UIN KHAS Jember menjadi fakultas yang maju,” ungkap doktor Fakultas Hukum Universitas Jember tersebut.

Sementara itu, Dekan Fakultas Syariah dan Hukum UIN KHAS Jember Prof. M. Noor Harisudin, mendukung penuh kerja sama dengan Perguruan Tinggi Umum (PTU) setelah sebelumnya telah melakukan kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi keagamaan negeri.

“Alhamdulillah, setelah tahun lalu kita gencar kerjasama dengan beberapa lembaga dan PTKIN, di tahun ini kita mulai merambah pada Perguruan Tinggi Negeri seperti Fakultas Hukum Universitas Negeri Jember, Fakultas Hukum Universitas Negeri Surabaya, Fakultas Hukum Universitas Negeri Semarang, dan masih banyak lagi,” ujarnya.

Baca Juga:  Places Tighten Region Against Pathogen https://quickhislot.com/ Seeing that Individuals Instructions Mask

Adapun titik tekan dari kerjasama ini di antaranya adalah pertukaran dosen, penelitian bersama, pengabdian kepada masyarakat bersama, pertukaran mahasiswa, dan kegiatan akademik lainnya. Dengan begitu, diharapkan terjadi peningkatkan mutu akademik dan non akademik Fakultas Syariah dalam mewujudkan Tridharma perguruan tinggi.

“Harapannya dengan kerjasama ini, kita akan semakin kuat dalam bidang tridharma perguruan tinggi karena kerjasama adalah suatu keniscayaan sehingga tidak bisa terhindarkan. Bahkan di tahun 2022, kita sudah meng-arrange kerjasama level internasional seperti Australia, Taiwan, Mesir, dan negara lainnya dalam rangka memperkuat tiga bidang dalam Tridharma perguruan tinggi itu,” pungkas Prof Harisudin, sapaan akrabnya.

Reporter: Aryudi A Razaq

Redaktur: Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat