News  

Pemkab Banyuwangi Teken Kerja Sama Beasiswa dengan IAIN Jember

Media Jatim

MEDIAJATIM.COM | Banyuwangi – Memperingati hari pendidikan nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei 2021, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi melakukan pendatanganan kesepakatan bersama (MoU) dengan 2 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri, yaitu Institut Agama Islam negeri (IAIN) Jember dan Universitas Hindu Negeri Denpasar. Kegiatan kerja sama ini dirangkai dalam acara peluncuran Program Aksara (akselerasi sekolah masyarakat) di Pendopo Shaba Swagata Blambangan Banyuwangi, Sabtu (1/5/2021).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyatakan, kerjasama dengan dua Perguruan Tinggi Keagamaan ini merupakan langkah awal untuk meningkatkan kualitas anak-anak muda Banyuwangi agar lebih berkarakter dalam keagamaan.

Baca Juga:  Penyelundup Pupuk di Sumenep Tak Ditahan, Praktisi Hukum Sebut Polres dan Kejaksaan Salah Terapkan Pasal

“Anak-anak muda Banyuwangi yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi keagamaan akan kami fasilitasi, supaya nanti bisa meregenerasi tokoh-tokoh agama di Banyuwangi. Anak-anak ini menjadi penerusnya,” ujarnya.

Selain itu, Pemkab Banyuwangi berencana memberikan wadah anak-anak muda lintas agama untuk saling bertukar pikiran, misalnya dengan menggelar workshop dan outbond anak-anak lintas agama.

“Tujuan kegiatan ini adalah untuk menghindari sifat intoleransi dan radikalisme,” tambah Ipuk.

Rektor IAIN Jember Prof. Babun Suharto dalam sambutannya mengajak semua kalangan untuk tetap dan terus belajar, Allah akan mengangkat derajat manusia karena ilmu. Katanya, program kerjasama Pemkab banyuwangi dengan IAIN Jember menjadi salah satu upaya meningkatkan kualitas keilmuan agama dan minat belajar di perguruan tinggi keagamaan.

Baca Juga:  Ketua PKB Jember: Kalau GTT Rutin Dapat Insentif, Kenapa Guru Ngaji Tidak?

“Anak-anak Banyuwangi yang tidak mempunyai biaya kuliah silahkan datang ke IAIN Jember, insyallah disini banyak beasiswa,” ujar Babun.

Kerja sama Pemerintah Kabupaten Banyuwangi dengan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember berupa Beasiswa program pendidikan sarjana dan program pembangunan daerah berbasis keagamaan.

Reporter: Aryudi A Razaq

Redaktur: Sulaiman