Di Depan ASN Jember, Gus Miftah: Kalau Tak Siap, Jangan Jadi Pejabat

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM | Jember – Aparat Sipil Negara (ASN) hendaknya mengutamakan kepentingan orang lain dibadingkan kepentingan pribadi, dan mengedepankan pelayanan kepada masyarakat. Sebab, tugas ASN memang memberikan pelayanan yang sebaik-baiknya kepada masyarakat.

Demikian diungkapkan oleh KH Miftah Maulana Habiburahman saat memberikan pembekalan kepada ASN Pemerintah Kabupaten Jember di pendopo Wahya Wibawa Graha, Senin (14/6).

Menurutnya, kewajiban ASN adalah memberikan pelayanan, dan lebih mengutamakan kepentingan masyarakat dibanding kepentingan pribadi.

“Itulah yang disebut satrio monjung, yang diajarkan oleh Sunan Kalijogo, yakni mengutamakan kepentingan orang lain,” ungkapnya.

Baca Juga:  Jalani Isolasi Mandiri, Polres Pacitan Salurkan Puluhan Paket Sembako di 3 Kecamatan

Lelaki yang akrab disapa Gus Miftah itu menegaskan, sudah bukan waktunya pejabat minta dihormati. Katanya, manusia dihormati bukan karena jabatannya, tapi karena kinerjanya. Selama kinerjanya baik, maka penghormatan akan datang dengan sendirinya. Jadi bupati wakil bupati, kepala dinas dan sebagainya, undang-undang-undangnya satu: kalau berprestasi jangan minta dipuji, jika salah siap-siap dicaci.

“Kalau tidak siap jangan jadi pejabat,” jelasnya.

Sementara itu, Bupati Jember Jawa Timur H. Hendy Siswanto dalam sambutannya mengatakan bahwa acara tersebut merupakan langkah Pemerintah Kabupaten Jember dalam memberikan pembekalan akhlak sumber daya manusia bagi penyelenggara birokrasi. Ia berharap agar nanti terwujud ASN Pemerintah Kabupaten Jember yang berintegritas tinggi dan mampu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat.

Baca Juga:  Marak, Pengedar Pil Trex di Banyuwangi Kembali Tertangkap

“Acara ini merupakan langkah Pemkab Jember dalam memberikan pembekalan akhlak sumber daya manusia penyelenggara pegawai,” jelasnya.

Reporter: Saedi

Redaktur: Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat