Mifta, Dosen Universitas Islam Jember yang Langganan Juara Kaligrafi

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM | Jember – Agak jarang sosok perempuan menekuni seni kaligrafi, dan sukses. Tapi inilah yang dilakukan oleh Miftakhul Jannah. Di bidang khath Al-Qur’an ini, prestasi Mifta, sapaan akrabnya, cukup moncer. Yang teranyar adalah menyabet juara satu MTQ Kabupaten Jember Cabang Khath Al-Qur’an Golongan Dekorasi yang digelar tanggal 7-8 Agustus 2021.

Itu bukan prestasi satu-satunya. Bahkan boleh dibilang ia langganan juara kaligrafi di level Kabupaten Jember. Tahun 2006, 2009, 2012, 2014, 2016, dan sekarang (2021), Mifta rutin menggondol juara satu dalam ajang kaligrafi.

Baca Juga:  Membanggakan, Alumni Sumber Bungur Ini Terbitkan Dua Buku

Tidak hanya di Jember, kepiawannya menulis huruf-huruf Arab dengan Indah menembus ajang regional dan nasional. Di Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) tahun 2007, ia menggapai juara satu, dan mewakili Jember ke ajang tingkat regional di Gresik, berhasil meraih juara satu. Dari situ, ia mewakili Jawa Timur di ajang Pekan Olahraga dan Seni Antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) di Samarinda, dan berhasil merengkuh juara dua.

“Ini mungkin berkah para guru dan kiai. Saya belajar kaligrafi saat mondok di Pesantren Darussholah, Jember,” tambahnya.

Baca Juga:  Abah Junaedi, Sosok Populer yang Rendah Hati

Mifta sehari-harinya mengabdi sebagai Dosen Fakultas Ekonomi Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Jember (UIJ). Di hari-hari senggangnya, ia menyempatkan diri membina sejumlah anak-anak terkait kaligrafi. Mifta bertekad untuk terus menularkan keterampilannya dalam khat Al-Qur’an kepada generasi muda agar kedepan seni kaligrafi semakin bersinar, tak tenggelam oleh waktu dan globalisasi kebudayaan

Reporter: Aryudi A Razaq

Redaktur: Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat