Bupati Jember Support Vida, Hafizoh 30 Juz Duta Pemudi Kebudayaan Jatim 2021

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM | Jember – Apresiasi layak diberikan kepada Vida Rofika Miladiah. Pasalnya, remaja putri yang tinggal di Desa Tegalwangi, Kecamatan Umbulsari, Jember Jawa Timur ini terpilih sebagai Duta Pemudi Kebudayaan Jawa Timur 2021, awal Agustus lalu. Ia berhasil menyisihkan ratusan peserta dari 38 kota/kabupaten se-Jawa Timur.

Vida, sapaan akrabnya, adalah sosok pemudi yang sarat prestasi. Saat berusia 8 tahun, anak pasangan Mas’udi Fadil dan Emy Fatmawati itu juara satu lomba pidato Bahasa Indonesia tingkat Kabupaten Jember (2006). Dua tahun berikutnya, Vida meraih juara dua lomba pidato Bahasa Indonesia Provinsi Jawa Timur. Di tahun yang sama (2008), ia juara satu lomba pidato bahasa Inggris Kabupaten Jember. Dan masih banyak lagi prestasi yang ia pahat hingga saat ini. Namun di atas semua itu, gadis cantik berusia 21 tahun tersebut adalah seorang hafizoh 30 juz.

Dengan prestasi yang seabrek itu, rasanya tak berlebihan saat akhirnya ia menyandang selempang bertuliskan Duta Pemudi Kebudayaan Jawa Timur 2021.

Baca Juga:  Kiai Taufik Ungkap Cara Memimpinnya Rasulullah

“Itu semua berkat doa orang tua juga,” ungkap Vida di kediamannya, Ahad (21/8).

Dengan prestasi tersebut, Vida akan mewakili Jawa Timur untuk berlaga dalam pemilihan Duta Pemudi Kebudayaan 2021 tingkat Nasional di Jambi yang digelar pada 10 hingga 17 Oktober mendatang.

Dalam ajang tersebut, Vida akan mengusung tema pandhalungan. Menurutnya, pandhalungan yang merupakan percampuran budaya Madura-Jawa yang rata-rata berkembang di kalangan wilayah tapal kuda, termasuk Jember itu, perlu diperkenalkan lebih jauh.

“Karena di situ (budaya padhalungan) banyak nilai-nilai positif, misalnya terkait kebersamaan,toleransi dan sebagaiya” urainya.

Vida mengaku bersyukur bisa tumbuh dan besar dalam keluarga dan lingkungan NU. Ibu Vida, Emy Fatamwati yang tak lain merupakan Ketua PC Fatayat Kencong juga menjadi faktor dalam penentuan arah ‘jalan hidup’ gadis bertingi semampai itu. Kata Vida, sang ibulah yang mengajar dirinya berenang dalam lautan kehidupan, termasuk mengenalkannya kepada Fatayat NU sejak kecil. Karena itu, torehan prestasi yang selama ini dicapainya, ia persembahkan kepada kedua orang tuanya.

Baca Juga:  Geger Desain Kostum Baru Madura United

“Saya sangat senang bisa membuat bangga kedua orang tua, dan tentunya bahagia sekali bisa mengharumkan nama Kabupaten Jember, ” tutur alumnus Pondok Pesantren Yasinat Ambulu Jember itu.

Saat ini Vida tercatat sebagai mahasiswi Fakultas Syariah jurusan IAT (Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir) UIN Malang. Selain itu, ia juga tengah menempuh pendidikan S2 Fast Track di kampus yang sama.

Sementara itu, Bupati Jember Hendy Siswanto memberikan apresiasi yang mendalam atas prestasi yang dicapai Vida ajang pemilihan Duta Pemudi Nasional 2021. Katanya, capaian Vida telah mengharumkan nama Jember.

“Kami siap mendukung siapapun warga Jember yang punya prestasi membanggakan,” ucapnya saat menerima kunjungan Vida di Pendopo Wahyawibawagraha, belum lama ini.

Reporter: Saedi

Redaktur: Sulaiman

  • Bagikan
WhatsApp chat