Tingkatkan SDM Sekdes, Pemkab Jember Gandeng Universitas Muhammadiyah

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM | Jember – Dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM) sekretaris desa (Sekdes), Pemkab Jember Jawa Timur meluncurkan Sekolah Desa Cerdas di aula Zainuri, Universitas Muhammadiyah (UM) Jember, Rabu (8/9/2021).

Program SDS ini merupakan inisiasi dari Pusat Pengembangan Ekonomi Kreatif & Layanan Masyarakat (P2EKLM) Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Jember, dan disambut dengan tangan terbuka oleh Pemkab Jember.

Menurut Bupati Hendy, Jember adalah Kabupaten yang cukup luas dengan jumlah penduduk mencapai 2,5 juta jiwa. Karena itu, untuk membangun Jember tidak bisa dilakukan oleh satu kelompok saja, tapi harus melibatkan segenap lapisan masyarakat. Untuk itu, ia menegaskan Pemkab Jember siap berkolaborasi dengan siapapun, termasuk pihak perguruan tinggi guna membangun Jember.

Baca Juga:  Puluhan Ribu Santri Bergemuruh di HSN PCNU Sumenep

Katanya, jika SDM perangkat desanya berkualitas, maka program desa yang dihasilkan juga bagus.

“Untuk itu, semua harus ikut andil, seperti UM Jember ini bergerak untuk memperbaiki SDM Sekdes lebih baik lagi,” ungkap Bupati Hendy di hadapan 28 sekretaris desa yang hadir secara luring.

Ia menambahkan, dari 2,5 juta masyarakat Jember, 70 persennya merupakan masyarakat desa yang mempunyai potensi luar biasa. Sekdes harus mempunyai daya dorong untuk menggali kekayaan alam demi kemakmuran bersama.

“Jangan sampai salah langkah dan salah program, Sekdes harus bisa membaca potensi dari desanya,” pesannya.

Baca Juga:  Bupati Jember: Masyarakat Jangan Percaya Info Tak Benar Soal Vaksin

Di tempat yang sama, Rektor UM Jember Hanafi mengatakan, program SDS merupakan salah satu kewajiban dari tri dharma perguruan tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat.

“Di samping yang lainnya adalah pendidikan dan penelitian. UM Jember sangat mendukung dengan menyediakan SDM yang ada,” ungkap Hanafi seraya berharap agar program SDS memberikan pengaruh positif bagi pembangunan desa di Kabupaten Jember.

Reporter: Saedi

Redaktur: Zul

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat