Mahasiswa Universitas Dr. Soebandi Jember Buat Masker Gel Peel Off dari Kulit Buah Bit

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM | Jember – Wabah Covid-19 yang menerjang Nusantara, tak membuat kreativitas mahasiswa Universitas Dr. Soebandi (UDS) Jember Jawa Timur, membeku. Bahkan mereka mengukir prestasi yang cukup membanggakan. Paling tidak, inilah yang ditunjukkan oleh Indra Wahyu Ismi Dwi, Ida Ayu Fradnya Virliana Dewi, dan Iqbal Gifar Maulana. Ketiganya adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Prodi Farmasi UDS Jember. Mereka adalah tim yang mewakili UDS untuk mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Bidang Kesehatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan Riset, dan Teknologi (Kemendikbud-Ristek) RI.

Untuk lolos sebagai peserta PKM bukan hal gampang, karena harus bersaing dengan ribuan mahasiswa seluruh indonesia. Tim UDS dalam proposalnya mengangkat tema “Masker Gel Peel Off dari Limbah Alam Kulit Buah Bit Sebagai Produk Skincare yang Ekonomis”.

“Alhamdulillah, proposal anak-anak diterima dan lolos,” ujar dosen pendamping tim UDS, Lindawati Setyaningrum., M.Farm di kampus UDS, Sabtu (10/9/2021).

Baca Juga:  Baznas Jember Resmikan Rumah Laik Huni

Menurutnya, ‘masa kerja’ tim UDS sebagai peserta PKM adalah 5 bulan, dan dimulai sejak bulan Juni 2021. Dalam waktu 5 bulan ke depan, tim UDS harus merealiasikan gagasannya sesuai dengan tema yang diangkat dalam proprosal. Linda mengaku yakin, gagasan tim UDS bisa dilaksanakan tepat waktu karena persiapannya cukup matang. Nama produknya adalah “Clean Beaubit”, bentuknya gel.

“Sekarang bahkan tinggal memproduksi secara makloon (banyak). Kami bekerja sama dengan sebuah perusahaaan di Jombang untuk memproduksi masker gel peel off buatan mahasiswa UDS, dan itu sudah berijin BPOM (legal),” urainya.

Sementara itu, ketua tim UDS, Indra Wahyu Ismi Dwi mengatakan bahwa kulit buah bit merupakan bahan aktif dalam masker gel yang dibuatnya, ditambah dengan bahan lain. Buah bit berasal dari keluarga Amaranthaceae-Chenopodiaceae dan masih satu keluarga dengan sayuran lobak atau sejenisnya. Buah yang berwarna merah keunguan itu adalah sejenis umbi-umbian yang kaya akan antioksidan.

Baca Juga:  Dukung Penutupan Tempat Karaoke, GP Ansor Siapkan 5 Pengacara

Menurutnya, buah bit yang mudah tumbuh di tanah khatulistiwa, perlu dimanfaatkan kulitnya agar tidak menjadi limbah yang tiada guna.

“Banyak tumbuhan di sekitar kita yang limbahnya bermanfaaat untuk kesehatan. Salah satunya adalah kulit dari buah bit,” ucapnya.

Ia menambahkan, buah bit mengandung berbagai mineral, vitamin dan betalain sebagai antioksidan, sehingga produknya (Clean Beaubit) akan memberikan efek anti aging. Kata Indra, masker wajah gel peel off merupakan salah satu jenis masker yang mempunyai keunggulan dalam penggunaannya, yaitu dapat dilepas dengan mudah dengan harga terjangkau.

“Kosmetik wajah dalam bentuk masker peel off bermanfaat dapat merelaksasikan otot-otot wajah sebagai pembersih, penyegar, pelembab dan pelembut kulit wajah,” pungkasnya.

Reporter: Aryudi AR

Redaktur: Zul

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat