Iklan Stop Rokok Ilegal Sumenep

DPD Partai NasDem Jember Turba, Disambati Langkanya Pupuk

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM | Jember – Pupuk bersubsidi saat ini masih menjadi persoalan yang krusial bagi kalangan petani. Pasalnya pupuk bersubsidi masih langka dan harganya cukup mahal. Bahkan untuk mendapatkan satu sak pupuk saja, susahnya minta ampun.

Keluhan tersebut disampaikan oleh petani Desa Suko Kecamatan Jelbuk Kabupaten Jember, Jawa Timur, Muhammad Kholid Hasan saat beraudiensi dengan jajaran Pengurus DPD Partai NasDem Jember dalam acara Turba di Desa Suko Jember, Selasa (12/10/2021).

Stop Rokok Ilegal Sumenep

Menurutnya, jika kelangkaan pupuk tersebut masih terus berlanjut, maka tentu akan mengganggu produktivitas pertanian, yang ujung-ujungnya juga merugikan petani sekaligus negara lantaran pasokan hasil pertanian juga menyusut.

“Bahwa mahal dan langkanya pupuk bersubsidi, jelas mengancam kehidupan kita semua,” urainya.

Baca Juga:  Rajut Kembali Persatuan, Tokoh Lintas Agama Gelar Deklarasi Perdamaian

Dikatakannya, saat ini pasokan pupuk bedasarkan luas lahan yang dimiliki petani, dan itupun hanya disediakan separuh atau bahkan kurang separuh dari kebutuhan pupuk yang sesungguhnya. Sekurangnya petani diharapkan bisa membeli pupuk bersubsidi.

Stop Rokok Ilegal

“Ini (kebijakan) yang sulit. Kita belum mampu membeli pupuk subsidi karena mahal. Pupuk yang non subsidi saja, kemarin saya beli Rp.220.000 persak. Pupuk organik juga belum memungkinkan,” tutur Kholid.

Menanggapi hal tersebut, Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Jember, H Marsuki Abd. Gofur menegaskan, pihaknya telah berusaha maksimal untuk turut mengatasi persoalan pupuk. Katanya, ia telah menginstruksikan Fraksi Partai NasDem DPRD Jember untuk menambah kuota pupuk bersubsidi di Jember.

Baca Juga:  Suharto: Kebutuhan Fisiologis Diperoleh di Sinar Putih

“Distribusi pupuk itu punya jalur otonom, daerah mungkin hanya bisa mengusulkan penambahan kuota, bukan penurunan harga,” jelasnya.

Mantan Wakil Ketua PCNU Kencong itu menambahkan, DPD Partai NasDem Jember saat ini tengah menggarap sektor pertanian dengan memfasilitasi pengadaan sejumlah bibit. Selain itu, Partai NasDem juga memfasilitasi pengadaan alat-alat pertanian.

“Kita bimbing, kita bina petani-petani Jember agar lebih produktif dan berdaya guna,” ulasnya.

Turba DPD Partai NasDem Jember kali ini adalah hari yang ke-4, yaitu mengunjungi rumah/kantor DPC Partai NasDem Kecamatan Jelbuk, Arjasa, dan Kaliwates.

Reporter: Aryudi AR

Redaktur: Zul

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat