Pamekasan Jadi Tuan Rumah MTQ XXIX Jawa Timur, ALMASBIR: Ratusan Pesantren Pasti Ikut Bahagia

Media Jatim

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Ratusan pesantren di Pamekasan dipastikan ikut merasakan kebahagiaan dengan akan digelarnya Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXIX tingkat provinsi Jawa Timur 2021 pada awal November mendatang.

“Pamekasan dikenal dengan gudangnya pondok pesantren. Bahkan dalam data kementerian agama RI, tercatat 254 pesantren yang ada di Pamekasan. Semua itu saya yakin pasti ikut senang Pamekasan jadi tuan rumah MTQ kali ini” kata Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Aliansi Mahasiswa As-Syahidul Kabir (DPP ALMASBIR) Kholisin Susanto, Kamis (14/10/2021).

Lebib lanjut, alumnus Pondok Pesantren As-Syahidul Kabir Sumber Batu Blumbungan itu menilai, selain sebagai ajang silaturahmi dan memompa semangat Al-Qur’an kaum milenial, festival keagamaan itu akan memperkuat nilai-nilai dakwah pondok pesantren sebagai lembaga dakwah yang konsisten mengamalkan isi Al-Qur’an itu sendiri.

Banner Iklan Media Jatim

“Sudah seharusnya gelaran akbar ini disambut gembira oleh semua pihak, karena bernilai religius dan berdampak sangat positif bagi generasi muda setempat,” kata pemuda yang karib disapa Kholisin tersebut.

Baca Juga:  Mendudukkan Maksud Pendidikan Melek Media Forum Wartawan Pamekasan

“Warga Pamekasan harus siap menyambut dan berkenalan dengan ribuan orang dari 37 kabupaten/kota se-Jawa Timur. Sebab ribuan orang dari berbagai wilayah itu akan datang ke Pamekasan untuk mengikuti MTQ XXIX,” imbuh Kholisin.

Aktivis HMI Pamekasan itu juga mengajak kepada seluruh pemuda, mahasiswa dan mahasantri di Kabupaten Pamekasan untuk menyemarakkan nuansa MTQ di seluruh penjuru wilayah.

Sebab, lanjut dia, perhelatan akbar ini merupakan momentum untuk memperkenalkan kembali Kabupaten Pamekasan sebagai kota santri.

“Mari sambut dengan berbagai cara dan kreatifitas yang kita miliki, mahasiswa dan mahasantri harus ikut andil dalam menyemarakkan MTQ ini,” tegasnya.

Baca Juga:  Sekda Pamekasan Instruksikan 8 OPD Berhati-hati dan Segera Optimalkan DBHCHT 2023 Rp134 Miliar!

Tidak hanya itu, Kholisin juga mendoakan kafilah dari Kabupaten Pamekasan bisa menjadi juara umum di segala cabang lomba yang diikuti.

“Kita berharap semoga Pamekasan bisa mengukir prestasi jadi juara umum,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Pamekasan H. Badrut Tamam menginginkan gaungan semangat MTQ ini disambut oleh semua lapisan masyarakat di bumi Gerbang Salam. Karena, menurut bupati yang karib disapa Mas Tamam itu agar momentum apik ini juga bisa dirasakan oleh semua kalangan mulai dari sudut kota hingga ke plosok desa.

“Karena dalam pelaksanaan MTQ ini ada beberapa sukses yang harus kita capai. Sukses pelaksanaan, sukses protokol kesehatan, sukses ekonomi, dan sukses informasi,” tutur Mas Tamam.

Reporter: Ist

Redaktur: Zul