Dorong Mustahik Punya Penghasilan, Lazisnu Jember Bagikan Kambing

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM | Jember – Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (Lazisnu) Jember terus bergerak untuk memberikan manfaat bagi masyarakat. Kali ini membagikan dua kambing kepada warga Desa/Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember Jawa Timur. Penyerahan kambing dilakukan usai acara Silaturrahim dan Rapat Koordinasi Bersama NU Care-Lazisnu Jember barat di Sekretariat UPZIS NU Care-Lazisnu Semboro, Jalan Melati Nomor 176, Semboro Kidul, Desa/Kecamatan Semboro, Jember, Ahad (14/11/2021).

“Ini (penyerahan kambing) sebagai bentuk pertanggungjawaban kami kepada masyarakat yang telah memberikan zakat dan infaqnya,” ujar Ketua PC Lazisnu Jember, Ahmad Fathur Rosyid usai penyerahan kambing kepada mustahik atas nama Supardi.

Baca Juga:  Pakde Karwo: Kekompakan dengan DPRD dan Masyarakat Jadi Syarat Utama Pembangunan

Menurutnya, penyerahan kambing tersebut merupakan bentuk pemanfaatan zakat/infaq produktif. Dengan begitu, diharapkan mustahik tidak hanya bisa mengambil manfaat dari zakat dengan satu kali ‘pakai’ tapi bisa berkali-kali karena memanfaatkan pengembangan kambing.

“Jadi kambing ini, oleh penerima harus dianak-pinakkan, anaknya diambil atau dijual, sedangkan induknya tetap sebagai sumber penghasilan,” jelas ustadz Rasyid.

Dosen Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq (UIN KHAS) Jember itu mengingatkan penerima agar kambing dipelihara dengan baik sehigga bisa terus menghasilkan anakan yang banyak.

“Jangan induknya yang dijual, kalau begitu langsung habis,” harapnya.

Baca Juga:  Camat Panarukan Sebut Tindakan Suami Mantan Kades Duwet Sudah Melanggar Hukum

Pembagian kambing untuk mustahik, akan terus dilakukan oleh Lazisnu Jember secara berkala. Sasaran mustahik diutamakan bagi kecamatan yang perkembangan UPZIS NU Care-Lazisnu-nya cukup baik,” jelasnya.

Sekadar diketahui, UPZIS NU Care-Lazisnu Kecamatan Semboro adalah yang terbaik di antara UPZIS NU Care-Lazisnu se-wilayah Cabang NU Jember. Dalam rentang waktu Januari hingga Oktober 2021, dana zakat dan infaq yang berhasil dikumpulkan oleh UPZIS NU Care-Lazisnu pimpinan H Anton Rofiqi ini mencapai Rp120 juta. Dana tersebut dibagikan kepada mustahik dalam bentuk sembako dan uang tunai. (Aryudi AR)

  • Bagikan
WhatsApp chat