Lima Perwakilan SRPB Jatim Ikut Pelatihan Matra Laut Puspenerbal

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM | Sidoarjo – Sebanyak lima orang perwakilan organisasi mitra anggota Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim mengikuti Pelatihan Operasi Matra Laut Bencana Alam di Masa Pandemi. Pelatihan ini diadakan Komando Latihan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Kolat Puspenerbal).

Kegiatan yang cukup padat ini digelar di Base Operasi TNI Lanudal Juanda, Sidoarjo, mulai tanggal 1-5 November 2021 lalu. Sedangkan pelatihan ini berdasarkan kualifikasi water rescue atau operasi penyelamatan di air.

Ada lima orang perwakilan organisasi mitra dari SRPB Jatim yang ikut kegiatan ini. Mereka adalah Achmad Arya Putra Wardhana (Galena Rescue), Achmad Ramadhani Prakoso (Lembaga Manajemen Infaq/ LMI), Mohammad Satria Riski Maulana (Basarta Tulungagung), Mukhlis Virgo Rizal S (ACT MRI), dan Nur Akhmad Fayzal (SRPB Kota Pasuruan).

Baca Juga:  Mantan Kepala Desa Jaddung Diduga Gelapkan ADD Tahun 2018

Total peserta berjumlah 45 orang. Mereka berasal dari para relawan, yakni dari SRPB Jatim 5 orang, Santana 5 orang, FPRB Jatim 5 orang, dan sisanya dari Puspenerbal.

“Materinya cukup banyak, beragam, dan menarik,” ungkap Mohammad Satria Riski Maulana dari Basarta Tulungagung, salah satu peserta dari perwakilan organisasi mitra SRPB Jatim, Kamis, 18 November 2021.

Menurutnya, terkadang ada materi yang dilakukan indoor, kadang pula outdoor. “Jadi nggak mesti dalam sehari kami berada dalam satu ruangan atau indoor,” jelas Satria.

Materi pelatihan sendiri diberikan oleh Pusnerbal, BMKG Juanda, Dinas PU Cipta Karya Jatim, Basarnas Surabaya, BPBD Jatim, Tagana Jatim, Dinkes, dan Rumkital Soekantyo Djahja.

“Materi pertama tentang Base Ops Lanudal Juanda oleh Kapten Laut Agus Purwanto,” kata Satria.

Baca Juga:  DPW Partai UKM Jawa Timur Gelar Launching Inisiator Secara Virtual Bersama PKL dan Pelaku UMKM

Kemudian materi dari BMKG Juanda oleh Ahmad Nurhuda. Pemateri lainnya soal rappelling dari Basarnas Surabaya. Pematerinya adalah Brian Gautama dan rekan-rekan. Rappelling merupakan teknik turun dari tebing, jembatan, dan lain-lain, dengan menggunakan tali karmantel. Teknik ini digunakan untuk menuruni tebing dan dikategorikan sebagai teknik yang sepenuhnya bergantung dari peralatan.

Materi selanjutnya dari Dinas PU Cipta Karya Jatim oleh Suji Purnomo. Sementara, materi dari BPBD Jatim diberikan Dino Andalananto. Di hari selanjutnya melaksanakan heli rescue di Skuadron 400 Lanudal Juanda. Sedangkan pemateri dari Basarnas Surabaya oleh Putra Rostia.

Sementara, lokasi pelatihan sendiri ada di beberapa tempat. Di antaranya berada di Base Ops Lanudal Juanda, Basarnas Surabaya, BPBD Jatim, Skuadron 400 Wing Udara 2, dan Mako Kolat Penerbal.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat