Bukan Sekadar Papan Nama, UIN KHAS Jember Sosialisasikan Pemikiran Kiai Achmad Siddiq

  • Bagikan

MEDIAJATIM.COM | JEMBER – Perubahan IAIN Jember menjadi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) bukan sekadar papan nama tapi diikuti dengan sosialisasi pemikiran mantan Rais ‘Aam PBNU tersebut. Ini dibuktikan dengan peluncuran buku “Visi Kebangsaan KH Achmad Siddiq” di Masjid Sunan Kalijaga kampus UIN KHAS Jember, Senin (22/11/2021).

Buku tersebut berisi kumpulan tulisan dosen UIN KHAS Jember dan beberapa pemikir dari luar kampus tentang visi kebangsaan Kiai Achmad Siddiq.

Dalam sambutannya, Rektor UIN KHAS Jember Prof Babun Suharto berharap dapat memberikan khazanah keilmuan, terutama tentang pemikiran KH Achmad Siddiq yang cukup luas.

“Tentu kita berharap, buku ini dapat memberikan inspirasi bagi para generasi penerus, bahwa KH Achmad Siddiq memiliki pemikiran yang luar biasa, terutama visi kebangsaannya,” ujarnya.

Baca Juga:  Viral Rani Penderita Lymphangioma, PKB Pamekasan: Kemana Dinas Kesehatan?

Mantan Ketua Gerakan Pemuda Ansor Jember itu menambahkan, KH Achmad Siddiq telah banyak berkontribusi bagi bangsa dan negara, terutama dalam pemikiran-pemikiran yang moderat.

“Sejarah telah membuktikan bahwa beliau Kiai Achmad banyak berkontribusi kepada negara ini,” katanya.

Ke depan, Prof Babun mengaku akan menerbitkan kembali buku tentang cara berkomunikasi KH Achmad Siddiq, terutama terkait penerimaan asas tunggal Pancasila pada pelaksanaan Muktamar NU di Sukorejo, Situbondo (1984).

“Nah ini tugas dari Fakultas Dakwah untuk mendalami gaya komunikasi beliau Kiai Achmad yang mampu meyakinkan semua pihak untuk menerima asas tunggal pancasila pada saat Muktamar NU,” katanya.

Baca Juga:  H Muhaimin: Berkat Doa Para Ulama, PPP Tetap Eksis

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Jember KH M Balya Firjaun Barlaman memberikan apresiasi kepada UIN KHAS Jember atas penerbitan buku tentang visi kebangsaan KH Achmad Siddiq.

“Saya mewakili keluarga KH Achmad Siddiq mengucapkan terima kasih, dan semoga buku ini dapat menjadi amal baik bapak ibu dosen UIN KHAS Jember,” katanya.

Gus Firjaun, sapaan akrabnya, berharap agar seluruh sivitas akademika UIN KHAS Jember, dapat meneladani perkataan maupun tindakan KH Achmad Siddiq.

Reporter: Aryudi AR

Redaktur: A6

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat