Bukan Sekadar Papan Nama, UIN KHAS Jember Sosialisasikan Pemikiran Kiai Achmad Siddiq

Media Jatim

MEDIAJATIM.COM | JEMBER – Perubahan IAIN Jember menjadi Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq (UIN KHAS) bukan sekadar papan nama tapi diikuti dengan sosialisasi pemikiran mantan Rais ‘Aam PBNU tersebut. Ini dibuktikan dengan peluncuran buku “Visi Kebangsaan KH Achmad Siddiq” di Masjid Sunan Kalijaga kampus UIN KHAS Jember, Senin (22/11/2021).

Banner Iklan Media Jatim

Buku tersebut berisi kumpulan tulisan dosen UIN KHAS Jember dan beberapa pemikir dari luar kampus tentang visi kebangsaan Kiai Achmad Siddiq.

Dalam sambutannya, Rektor UIN KHAS Jember Prof Babun Suharto berharap dapat memberikan khazanah keilmuan, terutama tentang pemikiran KH Achmad Siddiq yang cukup luas.

“Tentu kita berharap, buku ini dapat memberikan inspirasi bagi para generasi penerus, bahwa KH Achmad Siddiq memiliki pemikiran yang luar biasa, terutama visi kebangsaannya,” ujarnya.

Baca Juga:  Kronologi Laka Maut Suami Istri yang Hendak ke Pesantren Sidogiri di Jalur Pantura Probolinggo

Mantan Ketua Gerakan Pemuda Ansor Jember itu menambahkan, KH Achmad Siddiq telah banyak berkontribusi bagi bangsa dan negara, terutama dalam pemikiran-pemikiran yang moderat.

“Sejarah telah membuktikan bahwa beliau Kiai Achmad banyak berkontribusi kepada negara ini,” katanya.

Ke depan, Prof Babun mengaku akan menerbitkan kembali buku tentang cara berkomunikasi KH Achmad Siddiq, terutama terkait penerimaan asas tunggal Pancasila pada pelaksanaan Muktamar NU di Sukorejo, Situbondo (1984).

“Nah ini tugas dari Fakultas Dakwah untuk mendalami gaya komunikasi beliau Kiai Achmad yang mampu meyakinkan semua pihak untuk menerima asas tunggal pancasila pada saat Muktamar NU,” katanya.

Baca Juga:  Lesbumi Jember Gelar Tahlil dan Doa Bersama Tujuh Hari Mengenang Kiai Agus Sunyoto

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Jember KH M Balya Firjaun Barlaman memberikan apresiasi kepada UIN KHAS Jember atas penerbitan buku tentang visi kebangsaan KH Achmad Siddiq.

“Saya mewakili keluarga KH Achmad Siddiq mengucapkan terima kasih, dan semoga buku ini dapat menjadi amal baik bapak ibu dosen UIN KHAS Jember,” katanya.

Gus Firjaun, sapaan akrabnya, berharap agar seluruh sivitas akademika UIN KHAS Jember, dapat meneladani perkataan maupun tindakan KH Achmad Siddiq.

Reporter: Aryudi AR

Redaktur: A6