Salsa, Santri Nuris Jember, Sang Peraih Medali Olimpiade Bahasa Inggris

MEDIAJATIM.COM | JEMBER – Salsabila Nanda Abdullah, namanya. Sosok ini low profile tapi memilki prestasi yang membanggakan. Bahkan raihan prestasinya di bidang bahasa Inggris menembus level nasional. Di ajang National Science Competition 2021, Salsa, sapaan akrabnya, meraih medali perak Olimpiade Bahasa Inggris. Acara tersebut digelar secara daring oleh Pelatihan Olimpiade Sains Indonesia (POSI), akhir Agustus 2021.

“Alhamdulillah saya bangga, dan bahagia bisa mengharumkan Nuris,” ujarnya di kompleks Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) Kelurahan Antirogo, Kecamatan Sumbersari, Kabupaten Jember, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021).

DLH Pamekasan

Kebanggaan Salsa agaknya tak berlebihan. Pasalnya, prestasi tersebut bukan sekadar capaian seorang Salsa tapi menyangkut nama pesantren. Selama ini, pesantren secara umum masih kerap diidentikkan dengan capaian-capaian di bidang agama. Di berbagai ajang, santri selalu unggul di bidang agama. Namun seiring perjalanan waktu, santri sudah menujukkan tajinya dengan meraih juara di bidang ilmu pengetahun umum. Dan prestasi Salsa menjadi salah satu bukti kemajuan pesantren sekarang.

“Saya juga mengucapkan terima kasih atas pembinaan dari seksi penjamin mutu di lingkungan pesantren saya, Nuris” terangnya.

Baca Juga:  Kades Bungbaruh Ingin Desanya Jadi Penghasil Batik

Siswi kelas XII IPA 1 SMA Nuris Jember itu mengaku yakin bahwa santri juga mempunyai kemampuan dan potensi yang sama dengan pelajar umum. Semua tergantung kepada masing-masing individu dan lembaga yang menaunginya. Salsa menyatakan bersyukur dapat menimba ilmu di pesantren.

“Karena belajar di pesantren bisa menguasai segala-galanya, ilmu umum sekaligus agama. Kalau non pesantren, hanya ilmu umum tapi tidak agama,” urainya.

Kecakapan wanita asal Pamekasan Madura itu di bidang bahsa Inggris, bukan terjadi secara tiba-tiba. Meskipun Salsa bercita-cita menjadi dokter, namun ia giat menekuni bahasa Inggis. Bahkan skor Test of English as Foreign Language (TOEFL)-nya mencapai angka 550. Skor tersebut diperoleh dari lembaga kursus bahasa Inggris yang terakreditasi.

Baca Juga:  Naik Sepeda Motor, Bupati Pamekasan Tinjau Perbaikan Jalan Rusak

Reporter: Aryudi AR

Redaktur: A6