Turun Jalan, BEM STAI Al-Azhar Galang Dana untuk Korban Erupsi Semeru

MEDIAJATIM.COM | Gresik – Bencana erupsi gunung Semeru di Lumajang menjadi pemicu terketuknya diri individu maupun kelompok untuk terus mengulurkan bantuan guna meringankan beban seluruh korban. Begitu juga yang dilakukan sekelompok mahasiswa yang terkumpul pada Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Kampus STAI Al-Azhar Menganti Gresik, yang turun ke jalan melakukan penggalangan dana di beberapa titik kecamatan, mulai dari Menganti, Kedamean dan Driyorejo.

Menurut Presiden BEM STAI Al-Azhar Menganti Gresik, Wachidul Qohar, aksi penggalangan turun ke jalan untuk korban erusi gunung Semeru Lumajang. Terselenggara atas kerjasama seluruh elemen kampus mulai dari BEM, DMP, serta HMP Prodi PGMI, Ekonomi Syariah dan PIAUD.

“Pengalangan dana tercatat mulai hari Sabtu (11/12/2021) dan dilanjut hari Ahad (12/12/2021), yang terkumpul sebanyak 6.115.000,00,” tutur Wachidur Qohar.

Sementara Pembantu Ketua III STAI Al-Azhar Menganti Gresik, Heri Prianto mengatakan, kegiatan ini merupakan sebuah proses pendidikan karakter peduli sosial yang memang harus dipraktikkan secara massif, seperti penguatan kepedulian terhadap korban terdampak bencana alam dan beberapa masyarakat yang membutuhkan uluran tangan.

“Ini bagian dari menanamkan karakter peduli sosial pada diri mahasiswa. Pengalangan dana dimulai pada setiap program studi dan aksi turun jalan dalam rangka membantu beban saudara kita yang terdampak bencana erupsi gunung Semeru di Lumajang,” kata Heri Prianto.

Baca Juga:  Resmi dilantik, PAC GP Ansor Ujungpangkah Siap Bergandengan Menuju Organisasi yang Tangguh dan Mandiri

“Inilah tugas inti dari mahasiswa sebagai agen berubahan (agent of change), membantu yang sedang membutuhkan tanpa mengenal rasa takut akan panasnya terik matahari dan derasnya air hujan. Sehingga munculnya karakter peduli sosial bukan menjadi hasil dari proses yang tepat,” imbuh pria asli kelahiran Gresik tersebut.

Reporter: Muhammad Arif

Redaktur: Zul