SRPB Jatim-titipair.org Komitmen Bantu Penyintas Semeru

MEDIAJATIM.COM | Lumajang – Erupsi Semeru membawa korban yang tak sedikit. Baik korban jiwa maupun material. Pemulihan pun butuh waktu yang panjang. Upaya untuk membantu penyintas erupsi Semeru tentu harus dilakukan banyak pihak.

Salah satunya yang dilakukan Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim. Organisasi yang menaungi 245 organisasi mitra ini turun langsung memberikan bantuan kepada korban erupsi gunung yang berada di Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang ini.

DLH Pamekasan

SRPB Jatim tidak sendiri turun menangani korban Semeru. Mereka menggandeng titipair.org untuk turun lokasi bencana, Minggu-Senin, 26-27 Desember 2021. Kali ini lokasinya adalah Desa Supiturang dan Desa Oro-Oro Ombo, Kecamatan Pronojiwo, Lumajang.

Kegiatan ini juga didukung oleh Entrepreneur SMA Negeri 1 Sidoarjo (Smanisda) Peduli atau ES Peduli dan Joeragan Sociopreneur Smanisda (JoSS). Selain itu, juga mendapat bantuan dari Ikatan Alumni Universitas Udayana (Ikayana) Bali dan Majelis Taklim Bunda Muslimah Az Zahra Sidoarjo.

Baca Juga:  SRPB Jatim Silaturahmi dengan Organisasi Mitra yang Terlibat Penanganan Erupsi Semeru

Sebelumnya, SRPB Jatim juga menggandeng titipair.org memberikan bantuan di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang, Sabtu-Minggu, 11-12 Desember 2021, lalu.

Di desa ini pula SPRB Jatim mendirikan Pos Desk Relawan di rumah H Sumani. Pos Desk Relawan SRPB Jatim mendapat sambutan luar biasa para relawan seluruh Indonesia.

“Kami berusaha memberikan bantuan kepada penyintas Semeru tidak hanya kebutuhan hidup sehari-hari, tapi juga kebutuhan untuk jangka panjang,” ungkap Koordinator titipair.org Mohammad Harun Trianto, Rabu, 29 Desember 2021.

Tak hanya makanan dan minuman saja yang diberikan. Bantuan yang diberikan di antaranya tempat tidur busa, Alquran, tas sekolah, pluit peringatan dini bencana, alat-alat tulis sekolah, buah-buahan, senter, rompi, HT, bantal, daster, celana pria dan wanita, hingga kabel listrik.

Baca Juga:  Penyaluran BLT DD Desa Duwet Berjalan Lancar

Menurut pria yang kerap dipanggil Harun ini, pihaknya bekerja sama dengan berbagai pihak karena untuk urusan bencana tak bisa dilakukan sendiri-sendiri. “Ini adalah ikhtiar kami bersama untuk meringankan beban para penyintas erupsi Semeru,” imbuh Muhammad Harun Trianto.

Sasaran bantuan yang diberikan di antaranya kepada penyintas yang berada di Dusun Sukosari, Desa Sumberwuluh serta anak-anak penyintas di Sekolah Gembira SPMAA Santana. Kemudian, di Posko Penyintas SDN 4 Supiturang, Balai Desa Oro-Oro Ombo, para relawan yang bertugas, dan Dusun Sumbersari, Desa Supiturang.(*)