Kades Gagah Kompak bersama Masyarakat Lakukan Penghijauan Desa

Kepala Desa Gagah Hendra Budi Krisna (baju putih) saat bersama masyarakat melakukan penanaman 2022 Pohon Mahoni, Jumat (31/12/2021).

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Kepala Desa Gagah, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan Hendra Budi Krisna ditemani seluruh perangkat desa kompak bersama masyarakat melakukan penghijauan desa dengan penanaman 2022 Pohon Mahoni, Jumat (31/12/2021).

Penanaman Pohon Mahoni yang dilaksanakan serentak di setiap dusun di Desa Gagah ini juga dihadiri Bhabinkamtibmas, Pengurus Karang Taruna dan Kader Penggerak PKK Desa Gagah.

Kepala Desa Gagah Hendra Budi Krisna mengatakan, penghijauan harus tetap dilakukan sebagai upaya menjaga lingkungan sekitar. Apalagi sekarang sudah memasuki musim penghujan yang rentan terjadi longsor dan banjir.

Baca Juga:  TPID Banyuwangi Kluster Utara Gelar PDSM Cegah Stunting

“Penghijauan ini bisa mencegah terjadinya longsor dan banjir. Terpenting juga dapat mengantisipasi terjadinya pemanasan global jika sudah memasuki musim kemarau nanti,” kata Hendra Budi Krisna saat ditemui di sela-sela penanaman pohon bersama masyarakat.

Menjaga kelestarian lingkungan menjadi tanggung jawab bersama. Sehingga, Kades Hendra berharap, pohon yang sudah ditanam agar dirawat dan dijaga bersama-sama.

“Mari pohon yang sudah ditanam, dirawat bersama-sama. Selain nanti perangkat desa akan secara berkala melakukan perawatan, peran aktif masyarakat dalam membantu sangat kami harapkan. Sebab ini untuk kepentingan kelestarian lingkungan yang manfaatnya akan kita nikmati bersama-sama,” jelasnya.

Baca Juga:  Pedagang Sasuit Tubun Banyuwangi Demo

Tidak hanya itu, ia menyebutkan, pihaknya telah memiliki program rutin mingguan yang diberi nama Jumat Bersih. Selain menjaga kebersihan lingkungan, program ini merupakah langkah untuk memupuk jiwa kebersamaan dan gotong royong di tengah kehidupan bermasyarakat.

“Alhamdulillah, kegiatan rutin Jumat Bersih yang sudah berjalan sejak awal saya memimpin desa ini disambut baik oleh masyarakat. Banyak hal yang bisa kita dapatkan, di antaranya kebersihan lingkungan, kebersamaan dan gotong royong,” pungkasnya.

Reporter: Zul

Redaktur: Sulaiman

WhatsApp chat