Bangkit dari Keterpurukan

  • Bagikan

Judul: Fallen
Pengarang: Indah Hanaco
Cetakan: I, Februari 2019
Penerbit: Mahaka Publishing
ISBN: 9786029474220
Tebal: iv+316 hlm; 13.5×20.5 cm

Indah Hanaco dalam novelnya yang berjudul Fallen membungkus apik drama keluarga dalam balutan konflik yang cukup menarik. Gaya bahasa yang mudah dicerna baik untuk pembaca awam dapat membuat daya terik tersendiri. Sebenarnya drama keluarga sudah banyak dihidangkan oleh para penulis maupun pembuat film di tanah air ini. Tapi, tidak ada salahnya bila membaca Fallen untuk menemukan sensasi yang berbeda.

Kisah perjalanan Velma yang telah lama tinggal di panti asuhan dapat dijadikan salah satu inspirasi bagi para remaja jebolan panti asuhan. Sosok Velma yang dideskripsikan cukup kuat dalam menjalani relaita kehidupan membuat dia patut di juluki sebagai tokoh utama dalam novel tersebut.

Kemandirian Velma tercermin dalam cerita-cerita yang disuguhkan penulis melalui alur yang maju. Mulai dari kesungguhannya dalam menuntut ilmu yang tidak lepas dari dorongan ibu asuh di panti. Hingga di bersikukuh bekerja di salah satu perusahaan tas branded ketika hamil.

Meskipun Velma di hadapkan dengan kehidupan yang pahit mulai dari diperlakukan ‘tidak mengenakkan’ dengan tunangannya, Evan, dia tetap tegar hingga hari pemakaman tunangan yang akan dinikahinya meninggal dunia. Bukan ketabahan yang disangka oleh banyak orang yang takziah di rumah Evan, tetapi lebih dari itu.

Baca Juga:  Jejaring Bisnis Generasi Muda Muslim

Di tempat itu pula dia dipertemukan dengan Josh, lelaki yang keras kepala. Terlebih dengan ajakan menikah yang dilontarkannya kepada Felma beberapa hari setelah Evan meninggal. Dan akhirnya dengan alasan yang menjadikan Velma terpojok, Josh mengetahui kehamilan Velma, akhirnya Velma menyerah dan menerima tawaran menikah dari Josh.

Tak semulus yang di duga oleh para pembaca. Di keluarga Josh, Velma di kenal dan perlakukan dengan baik. Semakin hari, keluarga Josh semakin dekat dengan Velma. Terlebih Mama Josh, mertua Velma, Frida. Kebiasaan mereka setiap sore adalah melihat album keluarga.

Dari kebiasaan tersebut, suatu ketika Velma melihat foto yang mirip foto peremuan yang dia simpan hampir tiga puluh tahun. Grace. Foto perempuan itu disimpan Velma, lantara hanya foto tersebut dan dirinya yang ditemukan oleh ibu asuh di panti ketika dia diletakkan di depan panti asuhan. Di duga foto perempuan itu adalah ibu Velma. Sontak Velma pingsan dan menghebohkan keluarga Josh.

Sedikit demi sedikit, identitas Velma terbuka. Begitu pula dengan yang dilakukan Frida kepada Velma dan keluarganya, dulu. Perkara ini pecah. Keluarga Josh mengetahui semuanya. Dan ‘pecikan api’ tak dapat dihindari. Runtutan peristiwa pahitpun tidak dapat dihindari pula. Firda meninggal. Kakak-kakak Josh menjahui Velma. Hingga Velma cerai dengan Josh.

Baca Juga:  Selamatkan Islam dari Ketertinggalan

Bak kehidupan nyata, derita Velma berujung bahagia. Mulai dari dia dipertemukan dengan ayahnya, Leonard. Hingga Velma menikah lagi dengan Josh yang disaksikan ayahnya. Detail ceritanya dapat di baca secara lengkap dalam novel Fallen. Banyak hal menarik dan petuah bijak yang ada di sana.

Biografi Penulis

Akrab di panggil Rosy. Bernama lengkap Rosy Nursita Anggraini. Lahir di Blitar 24 Januari 1995. Beralamat di Dusun Cimpling RT 01/01 Desa Siraman Kecamatan Kesamben Kabupaten Blitar. Alumni Fakultas Ilmu Administrasi Prodi Magister Ilmu Administrasi Publik Universitas Brawijaya Malang. Santri aktif Pondok Pesantren Al- Falah Siraman Kesamben Blitar. Anggota aktif FLP Blitar dan Komunitas Muara Baca Blitar. Karya pernah di muat di: Riau Realita, Koran Pantura, Koran Madura, Media Jatim, Harian Bhirawa, Radar Mojokerto, Radar Cirebon, Dinamika News, dan Koran Jakarta. Penulis beberapa buku antologi bersama seperti: Antologi Puisi Indahnya Lukisan Langit (2016), Kaulah Pahlawanku (2017), Mengakrabi Sunyi (2017), dan Berbisik pada Dunia (2020). Dapat di hubungi melalui e-mail rosynursitaanggraini@yahoo.co.id, fb Rosy Nursita A, IG rosy_nursita, serta nomor HP/WA 082334724195.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat