Wujud Pengabdian, FKMB Suramadu Gelar Bina Desa Selama 2 Minggu

MEDIAJATIM.COM | Sumenep – Forum Komunikasi Mahasiswa Bidikmisi Surabaya Madura (FKMB Suramadu) menyelenggarakan Bina Desa Jilid 8 yang dilaksanakan di Desa Billaporah Timur Kecamatan Ganding Kabupaten Sumenep.

Bina Desa merupakan salah satu program kerja FKMB Suramadu kolaborasi dari 11 kampus Surabaya dan Madura. Diantaranya, UNAIR, UNESA, UINSA, ITS, PENS, PPNS, UNUSA, UPN Veteran Jatim, IAIN Madura, UTM dan Poltera.

Kegiatan Bina Desa ini akan berlangsung selama dua minggu dengan program kerja yang sudah disusun seperti bersih-bersih desa, bimbingan belajar, sosialisasi BMKIPGTS, pelatihan hidroponik, mengajar di sekolah dan beberapa proker lainnya yang dapat menunjang terhadap perkembangan desa.

Ketua Panitia Pelaksana Hizamul Fikry menyampaikan bahwa panitia Bina Desa kali ini terdiri dari 52 orang dan masih ada beberapa orang belum datang karena sedang melaksanakan Ujian Akhir Semester (UAS).

“Insyaallah panitia yang lain akan segera menyusul,” kata mahasiswa Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya itu, Minggu (09/01/2022).

Baca Juga:  Rumah Zakat Raih 1st Champion Indonesia Original Brand Award 2019

Dalam kesempatan yang sama, Koordinator Regional FKMB Suramadu Moh Hariyanto mengatakan, Bina Desa ini merupakan bentuk kepedulian mahasiswa bidikmisi dan KIP Kuliah sebagai timbal balik atau hutang budi kepada negara untuk memajukan suatu bangsa yang di mulai dari lingkup lokal, yaitu di desa Billaporah Timur.

“Adanya bina desa ini berupaya memberikan ide atau gagasan yang dapat direalisasikannya di desa untuk mengembangkan potensi desa yang ada dengan inovasi dan kreatifitas baru yang kemudian dipertahankan di desa itu sendiri,” jelas Yanto, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, mahasiswa IAIN Madura itu menyampaikan permohonan maaf jika selama kegiatan berlangsung mungkin akan mengganggu aktivitas masyarakat.

“Apabila ada perbedaan baik kebiasaan atau budaya yang ada di desa yang mungkin kurang sesuai kami memohon maaf sebesar besarnya akan tetapi kami berusaha untuk menyesuaikan kebiasaan yang ada di desa ini,” tegas aktivis HMI tersebut.

Baca Juga:  Sadar Pendidikan, ALIMKA Adakan Goes To School

Sementara itu, Kepala Desa Billaporah Timur melalui Sekretaris Desa Mahmud menyampaikan terkait profil desa untuk mengenalkan kepada panitia Bina Desa agar memudahkan dalam melaksanakan kegiatan pengabdian.

“Aparatur desa di sini banyak yang non akademis, hanya sebagian saja yang akademis. Jadi adik-adik mahasiswa jangan sampai sungkan untuk berkolaborasi menyampaikan ide atau gagasannya kepada masyarakat dan tokoh masyarakat setempat,” jelasnya.

“Kami siap melayani dan memberikan yang terbaik untuk adik-adik mahasiswa dari segi fasilitas dalam menjalankan proses pengabdian di desa Billaporah Timur ini,” pungkasnya.

Diketahui di akhir sambutannya, Sekretaris Desa didampingi Kepala Desa Billaporah Timur membuka acara Bina Desa secara resmi pada tanggal 9 Desember 2022 pukul 12.30 WIB.

Reporter: Kholisin

Redaktur: Zul

WhatsApp chat