Kurang Tegas, Warga Datangi Polres Sumenep Soal Galian C Ilegal

MEDIAJATIM.COM | Sumenep – Sejumlah warga yang tergabung dalam Kesatuan Aspirasi Rakyat Sumenep Sejahtera atau KARSA, mendatangi kantor Polres Sumenep, Jawa Timur, Kamis siang (20/1).

“Kami melakukan audiensi dengan Kapolres. Banyak galian C ilegal di Sumenep,” ungkap Gufron Burhanuddin, koordinator audiensi.

Saat ini, lanjut Gufron, banyak galian C ilegal di kabupaten paling timur pulau Madura ini. Diantaranya Kecamatan Ganding, Lenteng, Batuan dan Gapura.

“Kajian kami, maraknya galian C ilegal karena lemahnya pengawasan oleh penegak hukum,” lanjutnya.

Aktifitas galian C ilegal berdampak buruk bagi lingkungan. Terutama bagi warga yang berdekatan dengan galian ilegal itu.

Audiensi ini, ditemui oleh Kasat Reskrim Polres Sumenep, AKP Fared Yusuf. Dia berterima kasih atas sejumlah data galian C ilegal yang disampaikan KARSA.

Baca Juga:  Ukrainian Women Trying to find Friendship

“Kami sangat terbantu dengan temuan informasi galian C ilegal ini,” tutur AKP Fared Yusuf.

Polres Sumenep, jelas Fared, akan menginstruksikan Polsek jajaran untuk melakukan monitoring dan himbauan agar galian C ilegal dihentikan.

“Terutama sejumlah kecamatan yang ada galian C ilegalnya,” tegasnya. 

Namun demikian, Polres Sumenep menyatakan tidak bisa melakukan penutupan galian C ilegal. Sebab langkah itu harus dilakukan dengan berbagai tahapan. Di samping itu, kepolisian tidak memiliki kewenangan penuh untuk melakukan penutupan.

“Yang berwenang melakukan penutupan adalah Pemkab Sumenep,” tutupnya.

Reporter: Lis
Redaktur: Sulaiman

WhatsApp chat