Rebut Piala Rektor dan Hadiah Jutaan Rupiah, Berikut Peraih Juara SIGMA 2022 Se-Madura

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Ajang Kompetisi Gemar Matematika (SIGMA) 2022 yang digelar oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Universitas Madura (UNIRA) sudah masuk babak final. Terdapat sejumlah pemenang berasal dari tiga kabupaten di Madura. Mereka berhasil meraih kejuaraan dan membawa pulang Piala Rektor serta hadiah Jutaan Rupiah.

Juara 1 tingkat SMA sederajat atas nama Miftahul Huda (SMAN 1 Sampang), juara 2 Muhammad Nauval Dwi Afandi (MAN 2 Pamekasan) dan juara 3 Faradiad Salwa Amini (SMAN 1 Pamekasan).

Adapun peraih Juara 1 tingkat SMP sederajat diraih oleh Daffa Riskillah Akbar Setiabudi (SMPN 2 Bangkalan), juara 2 Fernando Almer Renjiro (SMPN 2 Bangkalan) dan juara 3 Nanang Chosim Maulidi (SMP Plus Nurul Hikmah Pamekasan).

Sedangkan Juara 1 tingkat SD Sederajat atas nama Faidah Zalimar F.S (SDN Kangenan 1 Pamekasan), juara 2 Delta Unzila Lisfadilah (SDN Bulay 2 Pamekasan) dan juara 3 Aidina Izzatul Ummah (MII Sabilillah Sampang).

Ketua Panitia M. Muslim menyampaikan, pelaksanaan SIGMA sudah berjalan dengan lancar sesuai rencana. Dari itu, ia merasa sangat puas terhadap peserta yang semakin antusias untuk mengikuti SIGMA tahun ini.

Baca Juga:  HIMASEPA UNAIR Adakan Pelatihan Jurnal Ilmiah International

“Alhamdulillah SIGMA berjalan dengan lancar mulai dari penyisihan kemaren sampai final siang tadi. Saya sangat puas dengan antusias peserta yang tersebar di Madura,” kata pria yang karib disapa Muslim tersebut, Selasa (15/02/2022).

Alumnus Ponpes As-Syahidul Kabir itu berharap bahwa apa yang terjadi di SIGMA tahun ini akan menjadi motivasi besar bagi siswa dan para panitia untuk menjadi lebih baik di event selanjutnya.

“Semoga hal ini menjadi motivasi bagi siswa Madura yang lain untuk mengikuti SIGMA tahun depan,” jelas Muslim.

Mahasiswa semester 5 itu menambahkan, pihaknya sangat bangga terhadap seluruh panitia yang telah berjuang demi kesuksesan SIGMA kali ini.

“Meskipun dengan persiapan yang sangat mepet, yakni hanya sekitar satu bulan setengah mulai dari pembentukan kepanitiaan sampai pengumuman pemenang. Hal ini membuktikan kesolidan sahabat-sahabat HIMATIKA,” imbuhnya.

Baca Juga:  Kembangkan Pertanian Modern, Pemdes Gagah Gandeng Pemuda

Sementara itu, Muhdar Rosi selalu Ketua Umum HIMATIKA UNIRA mengatakan, ratusan peserta di semua jenjang yang berjumlah 449 merupakan bibit unggul yang memiliki jiwa produktif dan diharapkan menjadi penggerak sekolah di kabupatennya masing-masing serta seluruh indonesia pada umumnya.

“Seperti tema yang kami angkat pada SIGMA kali ini “Sigma Produktif Menuju Sekolah Penggerak Proaktif”,” jelas Muhdar, sapaan akrabnya.

Dikatakan, kompetisi ini merupakan wadah awal untuk meneruskan prestasi siswa dan siswi di kancah nasional maupun internasional.

“Jadi jangan pernah puas dengan apa yang dicapai, tetap ukir dan asah kemampuan kalian masing-masing,” tutup Muhdar menitipkan pesan.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UNIRA Faizal berharap agar para pemenang SIGMA tidak hanya berhenti sampaikan disini saja tapi bisa melanjutkan kompetisi ke jenjang yang lebih tinggi.

“Para juara ini jangan hanya berhenti di SIGMA tapi harus berlanjut,” kata Rektor UNIRA.

Reporter: Kholisin

Redaktur: Zul

WhatsApp chat