Menggali Inspirasi dari Sosok Politisi dan Enterpreneur Sukses

Judul: Rachmat Gobel; Membangun Kemakmuran
Penulis: Nasihin Masha
Penerbit: Republika, Jakarta
Cetakan: Pertama, Februari 2022
Tebal: 321 Halaman
ISBN: 978-6027-7595-97-2

“Bukanlah pemuda yang mengatakan ‘Inilah ayahku’, namun pemuda adalah yang mengatakan ‘Inilah aku’”.

Terjemah kalimat bijak dari bahasa Arab di atas sangat cocok menggambarkan sosok Rachmat Gobel, putra Gorontalo yang namanya tidak asing dalam kancah politik nasional. Sosoknya sangat menginspirasi karena selama ini dikenal sebagai sosok yang penuh semangat dan mandiri.
Sebelum sukses seperti sekarang, Rachmat Gobel adalah sosok yang mandiri. Meskipun anak seorang pengusaha sukses, ia dididik menjadi pribadi dengan kemandirian tinggi. Pribadi tangguh dan pekerja keras yang tidak suka membangga-banggakan orangtuanya yang sukses.

Rachmat Gobel; Membangun Kemakmuran adalah buku yang membahas sosok dan sepak terjang seorang politisi dan pengusaha sukses. Buku yang diterbitkan Republika ini membahas dengan lengkap sosok yang bisa jadi teladan dan inspirasi bagi banyak orang.

Dalam buku ini dikisahkan, ia adalah sosok yang peduli dengan pertanian. Sebuah kepedulian yang layak didukung, mengingat saat ini banyak lahan pertanian produktif yang dialihfungsikan.
Sudah bukan rahasia umum lagi, di beberapa daerah lahan pertanian sudah beralih fungsi menjadi bangunan pabrik, perumahan, dan sebagainya. Sehingga, secara otomatis lahan pertanian semakin berkurang. Inilah yang dikhawatirkan oleh Rachmat Gobel.

Baca Juga:  Kisah Anak Mengenang Ibu karena Hafalan Shalat

Dikutip dari republika.co.id (15/1/2020), Rachmat Gobel turut bersuara tentang laju konversi lahan pertanian yang terus meningkat. Ia meminta setiap pemerintah daerah terlibat dalam mencegah alih fungsi pertanian.

Rachmat mengatakan, meningkatnya laju konversi lahan karena masyarakat belum melihat bertani sebagai usaha yang menguntungkan. Padahal, bila dikelola secara profesional, pertanian bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Ia menambahkan, selama ini banyak yang menjual lahan pertaniannya karena menganggap pertanian itu kecil.

Padahal, laju konversi lahan pertanian perlu dikendalikan karena, lahan merupakan faktor esensial dalam kemajuan pertanian Indonesia. Pertanian merupakan ujung tombak dan fondasi untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional (republika.co.id).

Dalam buku ini juga dijelaskan bahwa, Rachmat Gobel adalah pribadi yang cakap dan memiliki gagasan cemerlang. Semangatnya yang tinggi menuntunnya menjadi seorang anggota DPR yang dipilih rakyat. Bagi Rachmat Gobel, menjadi anggota DPR berarti membuka ladang pengabdian bagi kampung halaman. Gagasan-gagasannya bisa disumbangkan untuk kepentingan rakyat.

Baca Juga:  Sebuah Cinta di Negeri Kincir Angin

Buku ini mendapat testimoni dari sejumlah tokoh, di antaranya Haedar Nashir, Ketua Umum PP Muhammadiyah. Menurutnya, Rachmat Gobel memiliki etos bangun ekonomi nasional yang berorientasi pada kemakmuran rakyat, bukan pada sekelompok kecil orang.

Sementara itu, Putra Nababan, Mantan Pemimpin Redaksi MetroTV mengatakan, buku ini adalah lintasan-lintasan peristiwa yang di dalamnya merekam banyak ide dan gagasan yang tertangkap oleh zaman. Buku ini layak dibaca oleh generasi muda yang sangat membutuhkan sosok-sosok inspirasi dalam bekerja maupun berkarya.

Buku yang ditulis oleh Nasihin Masha ini cukup inspiratif. Memuat kiprah sosok politisi dan pengusaha, buku ini bisa menjadi teladan bagi siapa saja yang tertarik dengan dunia politik dan entrepreneurship. Sebagaimana dikatakan oleh Hamdan Zoelva, Rachmat Gobel adalah seorang pengusaha dan politisi yang memiliki rasa nasionalisme dan kepedulian tinggi atas kepentingan rakyat. (*)

*) Untung Wahyudi, lulusan UIN Sunan Ampel, Surabaya.

WhatsApp chat