Dosen UNIRA Gencar Lakukan Riset Pembelajaran Matematika

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Tiga dosen Prodi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Madura (Unira) gencar melakukan penelitian (riset) terhadap pembelajaran matematika di sekolah.

Ketiganya adalah Hasan Basri, Harfin Lanya, dan Chairul Fajar Tafrilyanto. Mereka merupakan dosen yang lolos program hibah riset keilmuan dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Republik Indonesia (RI).

Penelitian ini dalam rangka memotret proses pembelajaran matematika yang dilakukan guru di dalam kelas. Sebelumnya, selama dua bulan Hasan Basri dkk bersama 5 mahasiswa Universitas Madura melaksanakan observasi penelitian.

Baca Juga:  Moh. Zayyadi, Akademisi Muda yang Ciptakan Buku tentang Budaya dan Matematika

“Selama dua bulan tim peneliti melaksanakan observasi pembelajaran pada 5 guru matematika di SMPN 1 Pamekasan. Kemudian melakukan kegiatan perekaman video proses pembelajaran matematika, dilanjutkan dengan mentranskrip video pembelajaran,” jelas Hasan Basri selaku ketua tim, Selasa (5/4/2022).

Dari hasil transkrip tersebut, lanjut Hasan, dilakukan analisis melalui TBLA (Transcript Based Lesson Analysis) untuk mengetahui apakah pembelajaran yang dilakukan berpotensi untuk memunculkan atau meningkatkan kemampuan siswa dalam komunikasi, berpikir kritis, kreatif dan kolaboratif.

Sementara Kepala Sekolah SMPN 1 Pamekasan Jamil menyampaikan rasa terima kasih karena sekolah yang dipimpinnya dijadikan sebagai tempat penelitian yang berkaitan dengan pelaksanaan proses pembelajaran matematika.

Baca Juga:  SMP Maarif 12 Pamekasan Sukses Gelar Olimpiade

Dia mengaku hasil penelitian ini dapat menjadi bahan untuk evaluasi pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan mutu proses pembelajaran yang ada di SMPN 1 Pamekasan khususnya pada mata pelajaran matematika.

“Semoga kegiatan seperti ini bisa berkesinambungan untuk peningkatan kualitas pendidikan, khususnya di Pamekasan,” tukas Jamil.

Reporter: Zul

Redaktur: Sulaiman

WhatsApp chat