Perkuat Citra Diri Pendampingan, APDI Tingkatkan Kapasitas Pendamping Desa

MEDIAJATIM.COM | Jember – Ratusan Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kabupaten Jember mengikuti halalbihalal dan pelatihan peningkatan kapasitas pendamping desa. Pelatihan tersebut digelar di aula Ponok Pesantren Nurul Islam, Jember (25/5/2022).

Asosiasi Pendamping Desa Indonesia (APDI) Cabang Jember sebagai penyelenggara kegiatan menitikberatkan pada citra diri pendampingan. Hal tersebut dikarenakan bahwa kerja-kerja pendampingan dan pemberdayaan sangat berat.

Muhammad Ali, ketua APDI Cabang Jember mengatakan, membangun citra diri itu sangat penting. Namun, membangun citra diri harus dibarengi dengan kualitas diri. Ia mengatakan bahwa kualitas diri dan citra diri tidak bisa dipisahkan satu sama lain.

Baca Juga:  PMII STEI-MM Perkuat Solidaritas Kader

“Kualitas berkaitan dengan kemampuan kita dalam disiplin ilmu tertentu, dalam hal ini pendampingan. Nah, citra diri bisa dikatakan sebagai alat bagaimana ilmu yang kita sampaikan dapat diterima dengan baik,” ungkapnya.

Lebih lanjut, M. Khoiruddin, sekretaris APDI Jawa Timur menerangkan, dalam diri seseorang ada tiga konsep diri: diri ideal, citra diri, dan harga diri.

“Diri ideal adalah gambaran diri sendiri yang diinginkan, citra diri adalah gambaran diri sendiri dalam pandangan orang, dan harga diri adalah gambaran nilai diri,” jelasnya.

“Pendamping desa merupakan pilihan sadar. Pilihan berdasarkan kehedak bebas individu. Kita harus tahu terhadap diri kita sendiri dan memposisikan diri pada realitas yang kita temui, tambahnya.

Baca Juga:  Halau Covid-19, Karang Taruna Perkasa Lakukan Penyemprotan Disinfektan di Lembaga Pendidikan

Beberapa materi yang juga disampaikan, antara lain berkaitan dengan pajak dana desa dan pelaporan dana desa. Selanjutnya, ditutup dengn materi analisis hasil pendataan SDGs desa.

Reporter: F Ahmad

Redaktur: Hairul Anam

WhatsApp chat