Ikhtiar Serikat Pemuda Kecamatan Guluk-Guluk Sediakan Buku Bacaan bagi Pelajar

MEDIAJATIM.COM | Sumenep – Dalam mendorong pertumbuhan minat baca pemuda, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat secara umum, Komunitas Serikat Pemuda Kecamatan Guluk-Guluk terus melakukan beragam upaya, seperti membuka lapak baca keliling yang telah dijalankan dan kemudian saat ini mendatangi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumenep.

Pada pertemuan yang telah dijadwalkan komunitas Serikat Pemuda Kecamatan Guluk-Guluk memaparkan materi di hadapan Kepala Dinas dan Jajarannya seputar gerakan lapak baca keliling yang telah mereka lakukan.

“Pertama, kami ingin menyambung silaturahim dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumenep dalam rangka memaksimalkan gerakan membaca dan menghidupkan iklim pengetahuan baik pemuda, pelajar, dan mahasiswa,” ungkap Ketua Serikat Pemuda Kecamatan Guluk-Guluk Moh Faiq.

Sedangkan beberapa catatan yang disampaikan kepada kepala dinas adalah memaksimalkan perpustakaan keliling terutama di wilayah pedesaan yang sulit mengakses buku-buku bacaan dari perpustakaan umum daerah serta terkelolanya dengan baik beberapa perpustakaan kecamatan (taman manca) yang berada di Sumenep. Sehingga para pelajar, pemuda dan mahasiswa dapat dengan mudah mengaksesnya.

Baca Juga:  PK PMII STAI-MU Santuni Anak Yatim

“Kami telah berkomitmen dalam mengembangkan program pendidikan dan literasi melalui lapak baca keliling dengan penuh keikhlasan. Sehingga jika dipandang penting ada sinergi aksi bersama antara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dengan komunitas kami dalam menjalankan program ini, maka kami bersedia,” tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumenep Edy Sutrisno menyambut baik kedatangan Komunitas yang dari Kecamatan Guluk-Guluk itu. Bahkan mengapresiasi atas gerakan yang mereka lakukan.

“Gerakan ini sangat baik apalagi dilakukan dengan ikhlas, membantu anak-anak mendapatkan buku bacaan. Ke depan, kami dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Sumenep bersedia melakukan MoU dan bersinergi dalam gerakan ini,”. Kata Edy saat menyampaikan langsung ke teman-teman komunitas Serikat Pemuda Kecamatan Guluk-Guluk. (*)

WhatsApp chat