Kampung Kerapu Makin Menggeliat, Wabup Pamekasan Hadiri Panen Tahap Dua

MEDIAJATIM.COM | PAMEKASAN -Wakil Bupati Pamekasan Fattah Jasin menghadiri panen tahap kedua sekaligus melakukan penebaran benih ikan kerapu Cantang secara simbolis di Dusun Bungkaleng, Desa Lembung, Kecamatan Galis, Selasa (14/6/2022). Kehadiran wabup dinilai sebagai wujud komitmen Pemkab dalam mendorong pengembangan potensi ekonomi di desa.

Selain itu, Wabup Pamekasan Fattah juga menyampaikan bahwa pihaknya juga hendak merealisasikan lima program prioritas. Salah satunya yaitu program Desa Tematik. Di dalamnya, pemkab mendorong warga desa untuk mengeksplorasi segala potensi desa. Seperti yang telah diupayakan oleh kelompok budi daya Putra Harapan yang sedang membudidayakan ikan kerapu berjenis Centang.

Baca Juga:  Bupati Baddrut Pimpin Tahlilan 40 Hari Meninggalnya Wabup Pamekasan

“Tugas kami sebagai penerus dari cita-cita yang ada di dalam visi dan misi bupati. Di sisa periode ini, semoga bisa memaksimal potensi desa, seperti Kampung Ikan Kerapu yang memang harus dipercepat dan dimaksimalkan agar usahanya berkelanjutan,” paparnya, Selasa (14/6/2022).

Secara teknis, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pamekasan Bambang Prayogi menjelaskan, tahun 2021 lalu, pihaknya sudah memberikan bantuan 20 ribu bibit ikan kerapu kepada lima kelompok. Bantuan itu hasil kerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

“Keberhasilan di Desa Lembung ini semoga bisa menjadi contoh bagi yang lain  sehingga stimulus ini tidak lagi bergantung kepada Pemkab, paling tidak bisa mandiri dengan hasil yang didapat,” ulasnya.

Baca Juga:  Gelar Apel Perdana Usai Libur, Bupati Pamekasan Tegaskan Kesungguhan Melayani Masyarakat

Di tempat terpisah, perwakilan Kelompok Budi Daya Putra Harapan, H. Fathor Rohim menyampaikan, benih yang diberikan kepada kelompoknya sebanyak 8 ribu mampu menghasilkan 1 ton lebih ikan kerapu. Sebab itu, pihaknya berharap dukungan penuh dari Pemkab agar pembudidayaan ikan terus dilanjutkan sehingga Kampung Ikan Kerapu makin dikenal luas dan berdampak pada peningkatan ekonomi warga.

“Harapan kami pemkab bisa memberikan kemudahan dalam fasilitasi pengembangan ikan kerapu,” ujarnya.

Reporter: Imam

Redaktur: Sulaiman

WhatsApp chat