Formasta Dorong Pemuda Jadi Wirausaha hingga Gali Potensi Desa

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Forum Mahasiswa Tobungan (Formasta) mendorong pemuda dan mahasiswa untuk menjadi penggerak ekonomi bangsa.

Salah satu upaya dilakukan dalam bentuk diskusi yang dilaksanakan di Balai Desa Tobungan, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan, Jumat (22/7/2022) malam.

“Agenda ini (kegiatan rutinitas atau kertas, red) menjadi wadah bagi para pemuda dan mahasiswa di Desa Tobungan untuk menguatkan kebersamaan hingga memotivasi mereka agar menjadi wirausaha,” kata Ketua Formasta Badrut Tamam.

Menurutnya, menjadi wirausaha merupakan hal yang penting dalam menopang penguatan ekonomi.

“Dan karena jiwa wirausaha ini dapat dilatihkan sejak kecil sehingga terbiasa, maka jangan takut untuk memulainya,” imbuhnya.

Baca Juga:  Di Pamekasan, Pemuda Desa Ciptakan POM Mini Cerdas

“Kalau kita sudah terlatih menjadi pengusaha itu, punya pola pikir pengusaha, punya cara pandang pengusaha, punya semangat, punya tujuan, berkarakter, sabar, pekerja keras, maka kesuksesan hanya tunggu waktu,” jelasnya.

Badrut juga mengungkapkan pentingnya kerjasama atau kolaborasi dan memanfaatkan waktu semaksimal mungkin.

Selain itu, ia juga mengajak para pemuda dan mahasiswa untuk menggali potensi yang ada di desanya.

Hal ini, lanjut Badrut, sebagai ejawantahan terhadap program Bupati Pamekasan yakni Desa Tematik.

“Untuk itu, kami mengajak mereka selain untuk menjadi wirausaha juga menggali potensi yang di desa,” ujar dia.

Baca Juga:  Tingkatkan Kapasitas SDM, Rumah Zakat Ikuti NGO Capacity Strengthening Asia Regional Workshop

Ia meyakini, Desa Tobungan pasti memiliki potensi luar biasa yang nantinya jika digali akan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

“Salah satu contohnya, adanya pengrajin ecoprint dan beberapa unit usaha yang sudah dimiliki masyarakat Desa disini, bukan tidak mungkin jika kita selaku mahasiswa terus menggali potensi yang ada. Insyaallah, kita mampu menopang ekonomi kerakyatan,” jelasnya.

Reporter: Hasan
Redaktur: Zul

WhatsApp chat