News  

Deklarasi P4TM, Menggugah Kejayaan Petani Tembakau Madura

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Petani dan pedagang tembakau yang tergabung dalam Paguyuban Pelopor Petani dan Pedagang Tembakau se-Madura (P4TM) akan melakukan deklarasi dengan tema “Menggugah Kejayaan Petani Tembakau Madura”, Sabtu (6/8/2022).

Deklarasi yang akan digelar di Aula Bersama, Jalan Raya Blumbungan-Larangan, Kecamatan Larangan, Kabupaten Pamekasan itu bakal dihadiri sekitar 5.000 undangan.

Ketua Panitia Deklarasi P4TM Abdul Bari mengatakan, deklarasi ini sebagai bentuk perhatian terhadap para petani dan pedagang tembakau di Madura yang kerap kali mengalami kerugian setiap musim panen.

“Kami sangat prihatin pada para petani yang selalu merugi. Harga beli tembakau tidak sepadan dengan biaya produksi yang dikeluarkan petani,” kata Abdul Bari.

Pihaknya menargetkan, setidaknya melalui adanya paguyuban ini mampu menjawab kegelisahan para petani di Madura terkait harga beli tembakau.

Baca Juga:  Petani Tembakau Sumenep: SLPTT Memberi Kami Pengetahuan dan Pengalaman Baru

“Masalah harga tembakau murah dapat didengar atau diperhatikan oleh pihak terkait seperti pabrikan, pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten,” imbuhnya.

Bari menambahkan, P4TM akan berikhtiar agar hak-hak hasil produksi tembakau yang berkualitas milik petani dihargai selayaknya, yakni tidak jomplang dengan biaya produksi dengan biaya produksi yang dikeluarkan.

“Jadi, acara deklarasi ini murni untuk kepentingan petani tembakau di Madura. Kami tegaskan bahwa tidak kepentingan politik dalam acara ini,” tegasnya.

Sejumlah tokoh nasional dijadwalkan akan menghadiri deklarasi P4TM ini, di antaranya Anggota BPK RI Achsanul Qosasi, Anggota DPR RI asal Madura, Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur, Ulama se-Madura, Pengusaha Rokok, dan Kepala Desa se-Madura.

Baca Juga:  KMM 18+ Deklarasi Tolak Tambang Fosfat di Madura

Reporter: Sulaiman
Redaktur: A6

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp chat