Dosen dan Mahasiswa Instika Presentasi pada Konferensi Internasional

MEDIAJATIM.COM | Dosen Institut Ilmu Keislaman Annuqayah (INSTIKA) Guluk-Guluk Sumenep kembali berpartisipasi dalam even internasional. Kali ini, ada 8 dosen dan 1 orang mahasiswa yang persentasi dalam Konferensi Internasional bertajuk, “1st INTERNATIONAL CONFERENCE ON ISLAMIC ECONOMIC AND BUSINESS (ICIEB) 2022”. Konferensi Internasional pertama yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta tersebut dilaksanakan secara daring pada tanggal 3-4 Agustus 2022.

Sebagai acara internasional, konferensi ini menghadirkan penyaji dari berbagai negara. Dari Indonesia sendiri hadir Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, M.B.A. selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta berbagai Akademisi dari UGM Yoyakarta, Universitas Indonesia Jakarta, dan kampus-kampus terkemuka lainnya. Adapun dari luar negeri yang hadir dalam acara ini di antaranya, Prof. Satomi Ohgata (Kyushu International University, Japan), Prof. Dr. Sarkar Kabir (Coventry University, United Kingdom), Dr. Mufti Wasie Fasih Butt (Shariah advisor of Zarai Taraqiati Bank, Pakistan), Dian Nuriyah Solissa, M.Si. (Coventry University, United Kingdom), Hasannudin Mohd Thas Thaker, Ph.D. (UCSI University, Malaysia), Jasmin Omerčić, Ph.D (Maqasid Institute, USA) dan Achmad Rizal, M.Sc., Fin. (International Islamic University Malaysia).

Baca Juga:  Tujuh Pengurus KBM Instika Resmi Dilantik, Warek III Menaruh Harapan Besar

Kegiatan ini dibagi menjadi 2 acara, yakni Plenary Session yang dilaksanakan pada tanggal 3-4 Agustus 2022 serta Parallel Session yang dilaksanakan pada tanggal 4 Agustus 2022. Dalam acara kedua inilah, dosen dan mahasiswa INSTIKA mempresentasikan karya ilmiahnya di depan para panelis.

Secara keseluruhan ada 5 artikel yang dipresentasikan pada acara tersebut. Yakni Anna Zakiyah Hastriana menulis dan mempresentasikan artikel berjudul, “Customer Satisfaction Theory in Islamic Perspective”; M. Fayyad Zainal Abidin and Achmad Syarofi Alfurqon mempresentasikan artikel, “The Synergy of Alumni and Annuqayah Islamic Boarding Schools on Economic Empowerment in Sumenep Regency”; Hana Al Ithriyah menulis, “Accelerating The Halal Product Industry Through Pesantrenpreneur Program in East Java”, dan S. Hikmah Jamil and Atikatul Himmah menulis dan mempresentasikan artikel berjudul, “The Economic Impact Analysis of FMD Outbreak in Indonesia”. Yang menarik, ada satu artikel yang ditulis oleh mahasiswa bernama Khovifa Lindarsi Farawangsa atas bimbingan S. Hikmah Jamil dan Maksum dengan judul, “Determinant of Macroeconomics on The Halal Industry Of The OIC Countries”.

Baca Juga:  Kuliah Outdoor Instika Bahas Problematika Pendidikan Indonesia

Sebelumnya, Fadhilah Khunaini, dosen INSTIKA juga berpartisipasi dalam even internasional di Universitas Islam Internasional Indonesia Jakarta. Artikel bertajuk “Women and Spirituality in the Myth of Madurese Society”dipresentasikan pada acara, “The 1st Colloquium on Islamic Studies and Islamic Studies Review (ISR) Grand Launching” pada 12-13 Juli 2022. Artikel tersebut lolos dan dipresentasikan setelah menyisihkan ratusan artikel yang masuk ke panitia. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp chat