BPBD dan SRPB Jatim Gelar Road Show SPAB di 19 Kabupaten/Kota

MEDIAJATIM.COM | Sumenep – BPBD Jatim bersama Sekber Relawan Penanggulangan Bencana (SRPB) Jatim mulai menggelar road show Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB). Road show kali ini digelar di 19 kota-kabupaten di wilayah Jawa Timur.

Lokasi pertama yang dijadikan road show adalah di SMKN 1 Sumenep, di Jalan Trunojoyo 298, Panitian Selatan, Patean, Kecamatan Batuan, Kabupaten Sumenep, Senin (8/8/2022).

Setelah Sumenep, road show diadakan di Kabupaten Pamekasan, Kota Probolinggo, Kabupaten Lamongan, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Blitar, Kabupaten Malang, Kabupaten Madiun, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Sampang, Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Jember, Kabupaten Tulungagung, Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Magetan.

Baca Juga:  SRPB Jatim Silaturahmi dengan Organisasi Mitra yang Terlibat Penanganan Erupsi Semeru

Pembukaan SPAB kali ini dibuka oleh oleh Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jawa Timur Andhika Nurrachmad Sudigda.

Dalam sambutannya, Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Jatim menyatakan pentingnya kesiapsiagaan yang dimulai dari usia muda dan diri sendiri. Lingkungan sekolah merupakan tempat sosialisasi yang baik untuk mitigasi bencana.

“Ketangguhan sekolah dalam menghadapi ancaman bencana yang ada di sekitarnya merupakan sebuah usaha yang perlu dilakukan terus-menerus dan berkelanjutan,” katanya.

Menurut Andhika, mitigasi bencana saat ini menjadi prioritas dalam program pemerintah terkait kebencanaan dan ketangguhan masyarakat.

Baca Juga:  Wartawan Kompak Boikot Kemitraan dengan Polres Pamekasan

Sementara, Kepala SMKN 1 Sumenep Zainul Sahari berharap agar para guru, siswa, dan staf di lingkungan sekolah ini mampu menyerap ilmu pengetahuan dan bisa praktik langsung untuk simulasi. Kegiatan SPAB kali ini dilaksanakan selama dua hari, Senin dan Selasa 8-9 Agustus 2022.

Acara ini juga dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Jatim Wilayah Sumenep Syamsul Arifin, Kepala Pelaksana BPBD Sumenep Wahyu Kurniawan Pribadi, serta beberapa undangan lainnya. (*)

WhatsApp chat