Membanggakan, Mahasiswa FKIP Universitas Madura Lolos Seleksi Nasional ON-MIPA 2022

MEDIAJATIM.COM | Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Madura M. Muslim sukses lolos seleksi nasional Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan (ON-MIPA) Perguruan Tinggi tahun 2022.

Olimpiade ini ini merupakan ajang kompetisi mahasiswa di bidang Sains (Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi) yang diselenggarakan oleh Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia (DIKTI).

Muslim sebagai delegasi dari Universitas Madura menjadi satu di antara lima mahasiswa yang diikutsertakan dalam ajang tersebut. Dia mampu menyaingi delegasi-delegasi dari berbagai PTN dan PTS di seleksi wilayah VII.

Dekan FKIP Universitas Madura Yanti Linarsih mengaku bangga atas prestasi yang diraih anak didiknya tersebut. Apalagi Muslim menjadi mahasiswa Universitas Madura pertama yang mampu lolos seleksi nasional ON-MIPA Perguruan Tinggi.

Baca Juga:  Universitas Madura Buka Prodi Teknik Industri

“Bangga sekali melihat kali pertama mahasiswa Unira bisa lolos di ON-MIPA, ajang bergengsi bagi perguruan tinggi. Hal ini tentu menunjukkan bahwa mahasiswa Unira juga mampu bersaing mengasah kemampuan akademik dengan PTN dan PTS di luar jawa,” tegasnya, Rabu (17/8/2022).

Tak kalah bangganya Chairul Fajar Tafrilyanto selaku Ketua Prodi Pendidikan Matematika Universitas Madura. Menurutnya, capaian ini merupakan prestasi yang sangat luar biasa bagi Prodi Pendidikan Matematika Universitas Madura.

“Hal ini dapat mejadi bekal untuk pengembangan kompetensi mahasiswa ke depannya,” tuturnya.

Chairul Fajar berharap tim dosen memberikan bimbingan secara intensif terhadap Muslim dalam satu setengah bulan ke depan. “Sehingga dia bisa bersaing pada seleksi ON-MIPA tingkat nasional di Universitas Brawijaya pada tanggal 20-24 September 2022 mendatang,” imbuhnya.

Baca Juga:  Desy Ratnayanti, Mahasiswi Pendidikan Matematika yang Terpilih Jadi Duta Kampus UNIRA 2019

Sementara Muslim mengatakan bahwa melewati persiapan yang tidak mudah untuk bisa lolos dalam ajang tingkat nasional tersebut.

“Saya juga beserta rekan yang lain mempersiapkan kompetisi ini dengan sebaik dan sematang mungkin. Kemudian ditambah lagi akan dorongan dari dosen yang memberi bimbingan serta arahan untuk bisa berpartisipasi membawa nama baik kampus di ranah nasional,” tutur mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika itu, Rabu (17/8/2022).

Dia juga menambahkan, untuk beberapa minggu ke depan ia akan disibukkan untuk mempersiapkan seleksi tahap berikutnya.

“Setelah saya dinyatakan lulus di seleksi ON-MIPA kemarin, langkah selanjutnya saya mempersiapkan kematangan materi untuk menyambut seleksi lanjutan. Hal ini menuntut saya terus berusaha semaksimal mungkin untuk mencapai hasil yang diharapkan,” jelasnya.

Reporter: Bahrul Rosi
Redaktur: Zul

WhatsApp chat