Komisi B DPRD Jatim Minta Pemprov Kembangkan Desa Wisata

Media Jatim

MEDIAJATIM.COM | Surabaya – Komisi B DPRD Jawa Timur mendorong pemerintah provinsi (pemprov) untuk mengembangkan desa wisata guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan daerah melalui kinerja sektor ekonomi kreatif khususnya di bidang pariwisata.

Ketua Komisi B DPRD Jawa Timur, Aliyadi Mustofa menyampaikan, pengembangan desa wisata menjadi keniscayaan bagi pemprov seiring terbitnya peraturan daerah (perda) yang telah disahkan beberapa waktu lalu. Sebab, dengan memaksimalkan pengembangan desa wisata ini dapat membuka lapangan kerja berbagai unit usaha mikro dan ultra mikro, yang bisa dilakukan pada tingkat rumah tangga.

Baca Juga:  Pupuk Bersubsidi Langka, DPRD Sebut Dinas Pertanian Tak Pernah Koordinasi

“Dengan lahirnya perda desa wisata, tentu Komisi B berkewajiban mendorong pemerintah untuk terus membantu dan mensupport, termasuk dari sisi anggarannya,” ujar legislator asal Madura ini, jum’at (26/8/2022).

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini menambahkan, Jawa Timur mempunyai potensi wisata yang luar biasa. Potensi yang ada di desa-desa itu dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata. Baik tingkat lokal, nasional bahkan global. Tentu, potensi yang berbeda-beda itu akan menjadi sumber ekonomi baru masyarakat.

“Kenapa kita mensupport pemprov, termasuk dari sisi anggarannya, agar potensi dari desa bisa meningkat, sehingga bisa berkembang serta membantu perekonomian warganya,” tandasnya.

Baca Juga:  HSN, Inilah Sambutan Menggugah Pengasuh Pesantren Annuqayah

Dia berharap, pemerintah desa juga bisa menggali potensi desa menjadi kekuatan ekonomi baru masyarakatnya. Kesejahteraan ekonomi yang dimulai dari desa itu akan berdampak luar biasa untuk kemajuan Jawa Timur, dan Indonesia secara umum. (*)