5 Figur Dinilai Layak Pimpin Ansor Pamekasan

MEDIAJATIM.COM | Pamekasan – Kepengurusan Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor Pamekasan Periode 2018-2022 akan segera berakhir.

Kini muncul lima nama yang dinilai layak memimpin GP Ansor Pamekasan pada periode selanjutnya. Di antaranya Syafiuddin, Ketua GP Ansor Pamekasan periode 2018-2022. Mantan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) ini juga tengah menjabat sebagai Anggota DPRD Pamekasan.

Di tangan Syafi’, GP Ansor Pamekasan dinilai mengalami perkembangan yang cukup pesat. Terutama di bidang kaderisasi. Saat ini, GP Ansor Pamekasan telah memiliki ribuan pasukan Banser dan kader yang tersebar di setiap kecamatan dan desa.

Selain alumnus Universitas Islam Madura (UIM) itu, muncul nama mantan Ketua PC PMII Yogjakarta, Ra Imam S Arizal.

Sejak pulang dari Yogjakarta, Ra Imam dikenal sebagai salah satu penulis ulung di Madura. Beberapa karya terbaiknya kerap kali dimuat di beberapa media lokal dan nasional.

Baca Juga:  Advokat Muda Situbondo Dukung Pemerintah Lawan Covid-19

Pengalaman organisasinya juga tidak bisa diragukan. Dia pernah menjadi pengurus GP Ansor Pamekasan selama dua periode. Tak heran, PCNU Pamekasan mengamanahinya sebagai Ketua Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Pamekasan.

Nama lain yang juga disebut layak memimpin GP Ansor Pamekasan adalah Ra Maltuful Anam. Ra Maltuf merupakan seorang pegiat sosial dan dosen di Institut Agama Islam (IAI) Miftahul Ulum Panyeppen, Pamekasan.

Kandidat doktor itu kini tengah mengemban jabatan Ketua Asosiasi Pendamping Desa Indonesia (APDI) Pamekasan.

Nama Ra Maltuf ramai diperbincangkan lantaran dinilai sebagai sosok low profile yang aktif di beberapa Badan Otonom (Banom) Nahdlatul Ulum (NU). Di GP Ansor Pamekasan, dia menjabat sebagai Ketua MDS Rijalul Ansor.

Selanjutnya, ada Badri Homaini. Sosok yang dikenal mempunyai banyak jejaring di tingkat nasional ini kini bergerak sebagai pengusaha.

Baca Juga:  Pegawai Terpapar Covid-19, 4 Puskesmas di Bangkalan Tutup Sementara

Badri menjadi familiar akan sukses menduduki kursi ketua GP Ansor di Gerbang Salam. Sebab, sudah lama berkecimpung di organisasi yang beralifiasi pada NU. Dia merupakan famili Aspri Ketum PBNU, Ra Ghufron Siradj.

Dia saat ini juga aktif sebagai sekretaris Forum Alumni Jogja Pamekasan.

Terakhir Ahmad Faridi, nama yang tidak asing di dunia pergerakan di Jawa Timur. Dia pernah menjabat Ketua PC PMII Pamekasan.

Calon Anggota DPRD Pamekasan itu juga aktif sebagai Pendamping Desa (PD). Di Ansor Pamekasan periode sekarang, Faridi menduduki wakil ketua bidang pengkaderan.

Dosen IAIN Madura itu dianggap mampu memassifkan pengkaderan Ansor di Pamekasan. Selama dia menjabat wakil ketua, GP Ansor Pamekasan tak terhitung sudah menggelar pendidikan dan pelatihan pengkaderan. Seperti PKD dan Diklatsar.

Reporter: Sule Sulaiman

Redaktur: Hairul Anam

WhatsApp chat