Alyaa Harumkan SMA Nuris Jember di Lomba Esai Nasional

MEDIAJATIM.COM | Jember – Alyaa Nur Karimah tak henti-hetinya mengharumkan nama SMA Nuris Jember. Yang terbaru Alyaa, sapaan akrabnya, menyabet juara 1 lomba esai bidang kesehatan tingkat nasional di ajang “Youth Competition And Ideathon 2022”. Lomba ini digelar oleh “Social Innovation in Health Initiative (SIHI)”, yaitu sebuah lembaga di bawah naungan Universitas Gadjah Mada (UGM).

Pengumuman pemenang lomba esai bergengsi itu dilakukan tanggal 20 September 2022.

DLH Pamekasan

Sebelumnya, siswi kelas XII MIPA 1 SMA Nuris Antirogo Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember ini telah beberapa kali meraih juara di beragam kejuaraan, baik secara perorangan maupun secara tim.

“Alhamdulillah, itu semua berkat bimbingan guru-guru dan doa pengasuh pesantren,” ujar Alyaa kepada awak media ini di kompleks Pondok Pesantren Nuris Jember, Kamis (6/10/2022).

Baca Juga:  Tingkatkan Kualitas Pendidikan, KKN UMM Budayakan Bimbel dan Ngaji Bersama

Di ajang ini, Alyaa menyodorkan judul “Ini Cerita ‘Koper Santri’ di Pesantrenku”. Koper Santri adalah akronim dari Konseling dan Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Santriwati. Isi esai tersebut benar-benar cerita dengan gaya bertutur. Ya cerita tentang kegiatan Alyaa untuk menumbuhkan kesadaran kaum santriwati, khususnya dalam menjaga kesehatan alat vitalnya.

Awalnya Alyaa mengaku agak tabu karena menyangkut alat vital, namun penyuluhan perlu dilakukan karena berdasarkan studi pendahuluan yang ia lakukan dengan mewawancarai para santriwati terkait keputihan, ternyata masih banyak yang belum mengerti tentang keputihan dan cara mengatasinya.

Menurut Alyaa, Koper Santri adalah suatu wadah untuk memberikan penyuluhan dan konseling terhadap kesehatan reproduksi santriwati. Media yang digunakan dalam penyuluhan sangatlah beragam seperti leaflet, poster, life performance, challenge, dan program konseling, life performance berupa pemaparan materi edukasi kesehatan reproduksi.

Baca Juga:  Hadi: Kader NU Memang Laik Pimpin Jember

“Alhamdulillah, akhirnya kegiatan yang saya angkat jadi esai menghasilkan juara, dan di sisi lain juga bermanfaat bagi tumbuhnya kesadaran santriwati untuk menjaga kesehatan alat reproduksinya,” pungkas Alyaa.

Sementara itu, Koordinator Prestasi bidang KIR SMA Nuris Jember, Najibullah Asy’ari menyatakan bangga dengan prestasi Alyaa. Diakuinya, Alyaa memang salah satu anak didiknya yang ulet dan penuh semangat.

“Selain kaya ide inovatif, ia juga bisa tampil maksimal dan percaya diri saat presentasi. Ini kelebihan yang patut disyukuri, selamat untuk Alyaa atas prestasi yang fantastis ini,” tuturnya.

Reporter: Aryudi A Razaq

Redaktur: Zul