Ribuan Pedagang Pasar Kolpajung Pamekasan Akan Direlokasi ke TPS

Kolpajung
(Dok/Media Jatim) Desain TPS Pedagang Pasar Kolpajung di Lapangan Kowel.

Pamekasan — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan akan merelokasi 1.213 pedagang di Pasar Kolpajung ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) di Lapangan Kowel, Kelurahan Kowel, Kecamatan Kota.

Relokasi sementara dilakukan karena Pasar Kolpajung akan direnovasi total pada 2023 mendatang. Anggaran renovasi senilai Rp110 miliar ini bersumber dari Kementerian PUPR.

DLH Pamekasan

Kabid Pengelolaan Pasar Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan Agus Wijaya menerangkan, bahwa Pemkab sudah menganggarkan sekitar Rp4 miliar untuk TPS pedagang.

“Dalam minggu ini kita lelang cepat,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Senin (7/11/2022).

Agus menyebut, di TPS Lapangan Kowel ini akan dibangun tenda berukuran 4×4 sebanyak 305 unit. Tenda inilah yang akan ditempati relokasi para pedagang Pasar Kolpajung.

Baca Juga:  Resmi! KPU Sumenep Rilis DCS Anggota DPRD Kabupaten Sumenep pada Pileg 2019

“Januari, para pedagang sudah harus berpindah ke TPS, karena Februari 2023, Pasar Kolpajung sudah harus diratakan dan siap dibangun,” imbuhnya.

TPS ini akan berlantai dasar flooring. Untuk menghindari becek di musim hujan. Kemudian, akan dipasangi pagar keliling. Termasuk di dalamnya akan disediakan instalasi listrik, sanitasi dan toilet portable.

“Pembangunan harus dimulai Februari 2023, dan paling lama pembangunan ini satu tahun  setengah, dan paling cepat satu tahun,” jelasnya.(*/ky)