Daerah  

Puskesmas Kamal Peringati HKN Ke-58 dengan Sejumlah Perlombaan, Salah Satunya Lomba Inovasi Penyuluhan

Puskesmas Kamal
(Dok/Media Jatim) Kepala Puskesmas Kamal Nur Hotibah saat foto bersama dengan para pemenang lomba yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, Sabtu (12/11/2022).

Bangkalan — Dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-58, Puskesmas Kamal menggelar empat perlombaan, sejak 9 hingga 12 November 2022.

Kegiatan tersebut dilaksanakan antar Poli, Puskesmas Pembantu (Pustu), dan Pondok Bersalin Desa (Polindes) se-Kecamatan Kamal.

DLH Pamekasan

Ada empat jenis lomba yang diperlombakan, di antaranya kebersihan antar unit, yel-yel, cerdas cermat, dan inovasi penyuluhan.

Kepala Puskesmas Kamal Nur Hotibah menyampaikan, perlombaan tersebut memiliki berbagai tujuan yang berbeda. Utamanya, untuk memupuk kekompakan antar tenaga kesehatan, agar terus tercipta peningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

“Ini diharapkan jadi momentum peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Kecamatan Kamal menjadi lebih baik,” katanya, Senin (14/11/2022).

Baca Juga:  Staf Bawaslu Pamekasan yang Tawarkan Tarif Lolos Panwascam Rp7,5 Juta Dikembalikan ke Pemda

Ketua Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Bangkalan itu menjelaskan, lomba kebersihan antar unit dilaksanakan untuk menjaga kebersihan sarana dan prasarana di setiap unit. Sehingga masyarakat yang datang merasakan kenyamanan.

“Dalam lomba kebersihan ini, saya dan tim melakukan survei langsung, untuk menentukan unit mana yang terbaik dalam menjaga kebersihan,” jelasnya.

Sementara untuk lomba cerdas cermat, dilakukan untuk mengingatkan kembali tugas pokok setiap unit kerja, agar tetap bekerja sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP).

“Kami ingin para pegawai di lingkungan kerja Puskesmas Kamal tetap bekerja sesuai dengan SOP yang berlaku,” tambah Hotibah.

Baca Juga:  Pemkab Jember Fasilitasi Warganya Nobar Piala Dunia 2022 Sebulan Penuh

Kemudian lomba yel-yel digelar guna melihat dan mendorong setiap unit kerja untuk selalu kompak dan tetap menerapkan konsep 3S (Senyum, Sapa, Salam) dalam memberikan pelayanan.

Terakhir untuk lomba penyuluhan, Hotibah menyebutkan, pihaknya ingin mengetahui inovasi penyuluhan setiap unit dalam mensosialisasikan Unit Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) pada masyarakat.

“Lomba yel-yel, penyuluhan dan cerdas cermat ini dilakukan dalam satu hari, sebelum keesokan harinya diumumkan pemenangnya,” terangnya. (hel/zul)