Pemdes Samatan Panen Raya Jagung Asia Gold 77 di Lahan 10 Hektare

Asia Gold 77
(Dok/Media Jatim) Panen Raya Jagung Asia Gold 77 di Desa Samatan, Kecamatan Proppo, Selasa (15/11/2022).

Pamekasan — Pemerintah Desa (Pemdes) Samatan, Kecamatan Proppo, melakukan panen raya jagung jenis Asia Gold 77, Selasa (15/11/2022).

Kepala Desa Samatan, Kecamatan Proppo, Mohammad Tamyis menerangkan, jagung ini ditanam di lahan 10 hektare.

DLH Pamekasan

“Dan alhamdulillah, hasil panennya sangat bagus,” ungkapnya kepada mediajatim.com usai panen raya.

Dia menyebut, penanaman jagung ini adalah wujud dari program Desa Tematik Pertanian Terintegrasi Peternakan Pemkab Pamekasan yang digagas oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam.

“Dan tentu, tujuan besarnya adalah kesejahteraan petani, dan sistem pertanian kita adalah pemberdayaan yang hasilnya kembali lagi ke petani,” jelasnya.

Baca Juga:  Penyaluran Bansos Penanganan Inflasi di Bangkalan Menunggu SK Bupati

Pada panen raya jagung Asia Gold 77 ini, Pemdes Samatan bekerja sama dengan PT Asian Hybrid Seed Technologies Indonesia (AHSTI) dan Pemkab Pamekasan.

Petani dilibatkan untuk belajar cara menanam jagung yang baik. Sementara Pemdes Samatan mendorong melalui dana desa (DD) yang kemudian diberikan kepada petani sebagai modal pertanian.

“Bantuan modal ini bisa dinikmati petani, dan para petani cukup memberikan pohon jagungnya untuk pakan ternak yang juga dikelola desa,” ulasnya.

Kemudian, hasil panen jagung petani akan dibeli oleh desa dengan harga Rp2500 per kilogram.

“Ini analisa usahanya, dan jagung itu akan dikelola lagi oleh Pemdes menjadi tepung jagung dan tepung tongkol jagung,” imbuhnya.

Baca Juga:  Pawai OPD Jadi Penutup Rangkaian Harjad ke-492 Kabupaten Pamekasan 2022

Tidak selesai sampai di situ, kata Tamyis, ke depan pihaknya menargetkan ada perluasan tanaman jagung hingga 100 hektare. Dengan harapan, bisa memperluas manfaat dan usaha di bidang pertanian jagung.

“Dan kami siap membelinya, untuk kita kelola jadi pakan atau konsentrat,” pungkasnya.

Panen raya ini dihadiri oleh Bupati Pamekasan Baddrut Tamam, perwakilan manajer dari PT AHSTI, Ketua HKTI Pamekasan, JPN, Fokopimcam Proppo, Polsek, Danramil, Kelompok Tani (Poktan) serta penyuluh pertanian di wilayah Proppo dan Palengaan.(*/ky)