Menko Polhukam RI Hadiri Haul Ronggosukowati ke-492 di Pamekasan

Mahfud MD
(M. Arif/Media Jatim) Mahfud MD saat memberikan ceramah pada Haul Ronggosukowati ke-492 di Masjid Agung Asy-Syuhada Pamekasan, Selasa (22/11/2022).

Pamekasan — Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Republik Indonesia Mahfud MD menghadiri Haul Raja Ronggosukowati di Masjid Agung Asy-Syuhada Pamekasan, Selasa (22/11/2022).

Di dalam kesempatan tersebut, Mahfud menegaskan, Islam harus menjadi inspirasi dalam berbuat kebaikan.

DLH Pamekasan

Salah satunya untuk menjaga kesatuan bangsa dan negara dalam perbedaan suku, agama dan budaya.

“Sebuah bangsa pasti terdiri dari banyak unsur, ada Arab, China, Jawa dan Madura serta ada keyakinan yang berbeda-beda, dan harus menjadi satu kesatuan,” ungkapnya.

Menurut Mahfud, Rasulullah saw. sudah mengajarkan kebersamaan antarmanusia meskipun berbeda sejak mendirikan Madinah dengan Piagam Madinah.

Baca Juga:  Jokowi, Prabowo, dan Pengkhianatan Perang Jamal

“Semua golongan, baik muslim, kaum Quraisy dan Yastrib, baik kulit putih dan hitam, semua bersatu memperjuangkan kota yang bernama Madinah pada saat itu,” terangnya.

Oleh sebab itu, Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) RI itu mengajak masyarakat agar menjaga kehidupan berbangsa dengan semangat nilai-nilai yang Islami.

“Islam harus memberikan rahmat bagi seluruh alam, hal ini yang harus menjadi pesan dalam Haul Ronggosulowati ke-492 ini,” jelasnya.(rif/ky)