Pemilu  

Sumenep Bertambah Satu Dapil di Pemilu 2024, Ini Tiga Kecamatan yang Dipecah!

Penambahan Dapil
(Mj1/Media Jatim) Petugas sedang memberikan pelayanan di Kantor KPU Sumenep Jalan Asta Tinggi, Desa Kebunagung, Kecamatan Kota Sumenep, Selasa (22/11/2022).

Sumenep — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep akan segera mengumumkan Daerah Pemilihan (Dapil) baru. Dari yang semula tujuh menjadi 8 pada Pemilu 2024 mendatang.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua KPU Sumenep Rahbini menjelaskan, penambahan Dapil ini dilakukan dengan memecah satu kecamatan di tiga Dapil.

DLH Pamekasan

“Dapil baru nanti yaitu Manding (dari dapil satu), Batuputih (dari dapil lima), dan Dasuk (dari dapil empat),” jelasnya kepada mediajatim.com, Selasa (22/11/2022).

Rahbini menuturkan, beberapa tahapan perencanaan penambahan dapil sudah dilakukan. Seperti kajian internal KPU, supervisi ke KPU RI, kemudian presentasi KPU Jatim. Bahkan sudah dilakukan koordinasi ke partai politik (Parpol).

Baca Juga:  Belasan Orang di Sumenep Melapor, Nama Mereka Dicatut Partai Politik

“Nanti pada 23-29 November 2022 akan diumumkan tentang perencanaan penataan Dapil ini. Lalu menunggu tanggapan dari masyarakat. Setelah ada tanggapan baru dilakukan uji publik,” paparnya.

Setelah uji publik, KPU akan mempresentasikan hasilnya ke KPU Jatim, dan berlanjut ke KPU RI yang kemudian akan dipresentasikan ke DPR RI.

“Diperkirakan Januari 2023 nanti baru ditetapkan dan akan keluar pengumuman resmi,” pungkasnya. (mj1/ky)