10 Daftar Calon Sekolah Adiwiyata Pamekasan 2022, DLH: Untuk Siswa Sadar Lingkungan!

Pamekasan
(Dok. Media Jatim) Kepala DLH Pamekasan Cahya Wibawa.

Pamekasan — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan mengumumkan 10 sekolah yang lolos verifikasi lapangan Calon Sekolah Adiwiyata Pamekasan 2022, Senin (29/11/2022).

Daftar 10 sekolah tersebut yakni SDN Gladak Anyar 4, SDN Bettet 2, SDN Teja Timur 2, MI Islamiyah Sumur Putih, SDN Murtajih 1, SDN Larangan Tokol 4, dan SDN Jambringin 2.

iklan

Kemudian SDN Pangtonggal 1, SDN Duko Timur 1, SDN Kertagena Tengah 3, SDN Larangan Badung 2, SDN Potoan Laok 1, SDN Pakong 1, dan SDN Batukerbuy 2.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pamekasan Cahya Wibawa menerangkan, sekolah adiwiyata ini merupakan program Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK).

Baca Juga:  Pagar Nusa UTM Bawa Pulang 14 Medali dari Kejuaraan Pencak Silat di Kediri

Tujuan dari program ini ialah mendorong upaya-upaya pelestarian lingkungan sejak di bangku sekolah dasar.

“Yang sudah masuk kategori sekolah adiwiyata kabupaten akan kami dorong nanti naik ke tingkat provinsi, hingga sampai ke tingkat nasional, seperti SDN Kowel 1 yang sudah masuk adiwiyata nasional,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Rabu (30/11/2022).

Cahya mengatakan, gelar adiwiyata ini tidak semata-mata untuk mengejar prestasi. Lebih dari itu, untuk membentuk peserta didik bisa hidup bersih dan senang dengan penghijauan lingkungan mereka tinggal.

“Membiasakan masyarakat sekolah untuk selalu peduli dan peka kepada lingkungan, dan lingkungan yang sehat akan membantu kehidupan kita ke depan lebih baik,” paparnya.

Baca Juga:  Diduga Soal Suka dan Tidak Suka, 20 Data Usulan P3K di Bangkalan Tak Diinput

Dia menegaskan, untuk masuk predikat sekolah adiwiyata ini tidak mudah. Sekolah harus melewati tahap verifikasi lapangan terlebih dahulu.

“Termasuk harus membuat inovasi lingkungan serta menjaga lingkungan tetap bersih. Saya harap sekolah lain bisa berbondong-bondong melestarikan lingkungan dengan konsisten,” pungkasnya.(rif/ky)