Isi Kajian Rutin Kodim 0826 Pamekasan, Ra Abbas: Menyediakan Keamanan Negara Itu Fardu Kifayah

Lora Abbas
(Dok. Media Jatim) Ra Abbas mengisi kajian rutin bulanan di Kodim 0826 Pamekasan, Senin (5/12/2022).

Pamekasan — Lora Abbas Mohammad Rofi’i menjadi penceramah rutin kajian bulanan di Kodim 0826 Pamekasan.

Pengajian tersebut digelar setiap Senin awal bulan. Bulan ini, pengajian rutin Kodim 0826 Pamekasan digelar pada 5 Desember 2022.

iklan

Pada kesempatan tersebut, putra pengasuh LPI Al-Hamidy Banyuanyar, Desa Potoan Daya, Kecamatan Palengaan itu membahas posisi TNI sebagai benteng negara.

Dia menyebut betapa beruntungnya orang yang diberi kesempatan menjadi benteng negara demi menjaga hak-hak warganya dari ancaman kezaliman bangsa lain.

“Mereka yang menjaga nusa dan bangsa di perbatasan negara kemudian meninggal, maka jelas mulia dalam agama Islam,” ungkapnya, Senin (5/12/2022).

Bahkan, menurut lora yang kerap mengisi ceramah di klub motor tersebut, jika tidak ada pasukan militer maka seluruh warga Negara Indonesia akan berdosa.

Baca Juga:  Covid-19 Kembali Merebak, DPRD Sumenep Minta Kembali Massifkan Vaksinasi

“Sebab dalam konsep negara, harus ada kelompok yang berjaga-jaga khawatir musuh menyerang, tentunya dengan latihan militer dan pembaruan alusista,” terangnya.

Di dalam Islam, kata Ra Abbas, menyediakan pasukan militer termasuk fardu kifayah; kewajiban ini bisa gugur jika ada sekelompok orang yang melakukan hal tersebut.

“Seseorang yang meninggal karena mempertahankan hartanya, maka dia syahid, artinya diampuni dosa-dosanya, termasuk juga dalam mempertahankan tanah air dari ancaman orang luar,” pungkasnya.(rif/ky)