Prestasi Meningkat, Bangkalan Ajukan Jadi Tuan Rumah POPDA Jatim 2024

Bangkalan-POPDA
(Dok. Dispora Bangkalan) Bupati Bangkalan Abdul Latif Amin Imron (kiri) bersama Kepala Dispora dan Ketua KONI Bangkalan saat menunjukkan piala penghargaan dari ajang POPDA Jatim 2022, November lalu.

Bangkalan — Prestasi Kabupaten Bangkalan di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Jawa Timur 2022 meningkat pesat daripada gelaran sebelumnya.

Pada POPDA 2020 lalu, Bangkalan berada di urutan paling buncit dari 38 kabupaten/kota di Jawa Timur. Sementara di POPDA 2022 yang digelar di Sidoarjo, November lalu, berhasil merangkak naik hingga ke peringkat 13.

iklan

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bangkalan Ahmad Ahadian Hamid mengatakan, capaian tersebut merupakan prestasi yang luar biasa bagi Bangkalan di bidang olahraga.

“Bahkan, atas capaian ini, Bangkalan mendapatkan penghargaan dari Dispora Jawa Timur sebagai kabupaten/kota yang mengalami peningkatan prestasi olahraga terbaik di POPDA 2022,” jelasnya saat ditemui mediajatim.com, Rabu (7/12/2022).

Baca Juga:  Kemenangan Besar, Bawa Madura United ke Puncak Klasemen

Berangkat dari hal itu, pria yang karib disapa Dhiet itu menyatakan bahwa Bangkalan siap untuk menjadi tuan rumah POPDA XIV yang akan digelar 2024 mendatang.

“Pemkab sudah bersurat pada Dispora Jatim agar POPDA XIV Jawa Timur nanti dilaksanakan di Bangkalan,” tegas Dhiet.

Namun, dia mengungkapkan, untuk menjadi tuan rumah ajang dua tahunan itu tidak mudah. Menurutnya, tempat latihan dan venue setiap cabang olahraga (cabor) harus diperhatikan.

Sedangkan bagi para atlet yang sudah berprestasi di POPDA, Dhiet berpesan untuk tidak pindah sekolah ke luar Bangkalan. Sebab, salah satu syaratnya adalah harus berasal dari sekolah di daerah bersangkutan.

Baca Juga:  Pemerkosaan Bergilir Kembali Terungkap, Gadis 15 Tahun di Bangkalan Jadi Korban

“Usia peserta 17 tahun dan kelas dua SMA. Sedangkan minimalnya bebas,” katanya.

Selain itu, Dhiet juga mengharapkan dukungan masyarakat dalam upaya Bangkalan menjadi tuan rumah POPDA 2024.

“Salah satu caranya dengan memelihara dengan baik sarana dan prasarana olahraga yang berada di Bangkalan,” pungkasnya. (hel/zul)