Melalui Program Abdimas, Mahasiswa dan Dosen UTM Bantu Kembangkan Potensi Desa Bunder Pamekasan

Pamekasan — Universitas Trunojoyo Madura (UTM) menggelar program Pengabdian Kepada Masyarakat (Abdimas) di Desa Bunder, Kecamatan Pademawu, Pamekasan sejak akhir September hingga awal Desember 2022.

UTM Bangkalan
Pengabdian Kepada Masyarakat Mahasiswa dan Dosen UTM.

Program yang melibatkan dosen dan mahasiswa itu bertujuan untuk membantu memecahkan permasalahan serta mengembangkan potensi masyarakat yang ada di desa tersebut.

iklan

Koordinator Abdimas UTM Desa Bunder Aprilina Susandini menyebutkan, program ini berorientasi untuk memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat Madura.

“Di Desa Bunder, kami menjadikan dan memposisikan BUMDes Mutiara Saghara sebagai mitra dalam membangun desa,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Jumat (23/12/2022).

Baca Juga:  Bupati Pamekasan Berikhtiar Berangkatkan Umrah Para Guru Ngaji

Selama program berlangsung, kata Aprilina, delapan mahasiswa ditugaskan untuk membantu kegiatan-kegiatan yang dijalankan oleh BUMDes Bunder.

“Para mahasiswa mengikuti kegiatan produksi garam dan kegiatan mempersiapkan pendaftaran badan hukum BUMDes,” jelasnya.

Tidak hanya itu, lanjut Aprilina, mahasiswa juga memiliki program kerja lain di antaranya membuka kembali eduwisata garam, menggelar lomba anak-anak, dan kegiatan belajar mengajar di luar sekolah.

“Dosen UTM juga ikut turun langsung ke lokasi untuk melakukan pelatihan dan pendampingan mengenai tata cara penyusunan laporan keuangan dan pengelolaan keuangan secara digital,” paparnya.

Baca Juga:  Bupati Pamekasan: 5 Program Prioritas Berjalan Sesuai Harapan

Menurutnya, program ini layak untuk terus dilaksanakan, sebab, dapat memberikan manfaat kepada berbagai pihak seperti mahasiswa, dosen, dan masyarakat.(rif/ky)