MSFC DISPLAY WEB

Siapa Bisa Kejar Haaland?

Media Jatim
Haaland
(Dok. Getty Images/Pedro Salado) Erling Haaland melakukan selebrasi setelah membobol gawang Everton, Sabtu (31/12/2022).

Internasional — Manchester City ditahan imbang Everton dalam laga lanjutan English Premier League (EPL) pekan ke-16, Sabtu (31/12/2022) malam.

Laga yang digelar di Etihad Stadium, markas City, tuntas dengan skor 1-1. Erling Haaland membawa City unggul pada menit ke-24 dan disamakan oleh Demarai Gray pada babak kedua, tepatnya pada menit ke-64.

Hasil ini membuat City tertinggal 7 poin dari pemuncak klasemen, Arsenal, yang pada laga Minggu (1/1/2023) dini hari, menang 2-4 melawan Brighton & Hove Albion di The American Express Community Stadium.

Baca Juga:  Awal 2023, Panggung Pemain Muda Eropa

Di sisi lain, keberhasilan Haaland mencatatkan nama di papan skor semakin mengokohkan dirinya sebagai top skor Liga Primer Inggris.

Haaland mengoleksi 21 gol dari total 1.220 menit yang didapat dalam 15 pertandingan EPL yang dilakoninya.

Banner Iklan Media Jatim

Jika dirata-rata, striker asal Norwegia itu mencetak 1,4 gol dalam setiap pertandingan atau mencetak gol dalam setiap 59 menit.

Peraih Golden Boy 2020 itu kini jauh meninggalkan pesaing terdekatnya, Striker Tottenham Harry Kane, yang hanya mengoleksi 13 gol.

Bahkan jika melihat perolehan top skor di empat liga top Eropa—Robert Lewandowski di Barcelona-Spanyol, 13 gol, Victor Osimhen di Napoli-Italia, 9 gol, Christoper Nkunku di RB. Leipzig-Jerman, 12 gol, dan Kylian Mbappe di PSG-Prancis, 12 gol—Haaland masih superior.

Baca Juga:  Jelang Lawan Mitra Kukar, Skuad U23 Madura United Terus Berkembang

Dengan liga yang masih menyisakan lebih dari 20 laga, ‘balapan’ untuk menjadi top skor Eropa masih terbuka lebar, namun dengan gap yang juga lebar, siapa yang bisa mengejar Haaland? (ak/ky)