PERIODE II

Kemenag Sumenep Gelar Resepsi Hari Amal Bhakti ke-77, Kakanwil Jatim Titip Prinsip Toleransi!

Media Jatim
HAB Kemenag
(Joni Suhartono/Media Jatim) Peringatan HAB ke-77 Kementerian Agama RI di Kantor Kemenag Kabupaten Sumenep, Rabu (4/1/2023).

Sumenep — Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sumenep menggelar peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) yang ke-77, Rabu (4/1/2023).

Salinan dari Display Hari Bhayangkara'24_20240724_133806_0000
14_20240724_133640_0001

Kegiatan yang dihadiri langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Jawa Timur Husnul Maram itu digelar di Aula Al-Ikhlas Kemenag Sumenep.

Kepala Kantor Kemenag Sumenep Chaironi Hidayat menerangkan, HAB ini tidak sekadar diperingati. Tapi, HAB tahun ini, pihaknya meminta arahan kepada Kakanwil tentang kerja-kerja ke depan.

“Kami minta evaluasi, apa yang kami bisa lakukan dan tidak bisa kami lakukan ke depan,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Rabu (4/1/2023).

Baca Juga:  Minta Dukungan 4 Pemkab di Madura, Imigrasi Pamekasan Target Segera Naik Kelas I

Kakanwil Kemenag Jawa Timur Husnul Maram pada kesempatan tersebut menekankan nilai-nilai toleransi untuk terus menjadi prinsip dan napas kerja pegawai di lingkungan Kemenag.

“Toleransi dengan tetangga, toleransi antarumat dan kesemuanya, dan bila kita menerapkan itu, maka kita berhak menyandang orang yang moderat,” paparnya.

Toleransi ini, lanjut Husnul, juga akan menjadi sumbu-sumbu yang adaptif terhadap kearifan lokal. Tidak akan menyulut konflik, namun justru akan melahirkan jalinan komunikasi kolaboratif.

“Maka budaya lokal, akan diperhatikan, akan dijaga, dan Sumenep memiliki banyak kearifan lokal,” imbuhnya.

Baca Juga:  Cukup Rp350 Ribu, Calon Jemaah Haji dan Umrah Bisa Gunakan Layanan Eazy Passport Imigrasi Pamekasan

Kakanwil datang didampingi sang istri. Para kepala seksi (Kasi) dan kepala bidang (Kabid) beserta istri di lingkungan Kemenag Sumenep juga turut meramaikan acara HAB ke-77.

Sementara tamu undangan yang hadir di antaranya Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), Kepala MTsN, Kepala MAN, dan Kepala KUA se-Kabupaten Sumenep.

Acara HAB ke-77 Sumenep ini tidak hanya diisi rentetan kegiatan seremonial, namun juga ada santunan kepada 25 anak yatim. (*/ky)