PERIODE II

Gareth Bale Resmi Gantung Sepatu, Pemain yang Pernah Lima Kali Juara Liga Champions Bersama Real Madrid

Media Jatim
Gareth Bale
(Instagram @sabahspor) Gareth Bale mencium piala Liga Champions yang diraihnya bersama Real Madrid.

International — Gareth Bale resmi mengumumkan bahwa dirinya pensiun dari dunia sepak bola, Senin (9/1/2023).

“Stelah pertimbangan yang cermat dan bijaksana, saya mengumumkan pengunduran diri saya dari klub dan sepak bola international,” tulis Bale di akun Instagram resminya @garethbale11.

Pemain Timnas Wales ini mengawali karir profesionalnya di dunia sepak bola bersama klub Liga Inggris, Southampton, sebagai bek kiri pada tahun 2006 hingga 2007. Saat itu, dia masih berusia 17 tahun.

Kemudian Bale hengkang ke sesama klub Inggris, Tottenham Hotspur. Dia berlabuh ke Spurs dengan harga Rp255 miliar.

Ternyata, kepindahannya ke Spurs menjadi tuah tersendiri, dia berhasil dinobatkan sebagai pemain terbaik Liga Inggris musim 2010-2011. Kala itu bisa dibilang masa jayanya diusia yang masih 21 tahun.

Banner Iklan Media Jatim

Meski belum sempat mempersembahkan gelar juara bagi Spurs, dua tahun berselang, asosiasi pemain sepak bola profesional Liga Inggris, Professional Footballers’ Association (PFA), kembali memberikan penghargaan pemain terbaik kepada pria kelahiran Cardiff, 16 Juli 1989 itu.

Spesialnya di usia ke-23 ini, dia menyandingkannya dengan gelar pemain muda terbaik dari asosiasi yang sama.

Salah satu yang paling diingat suporter Spurs adalah kala Bale mengacak-acak pertahanan Inter Milan, di pertandingan ketiga Grup A Liga Champions 2010-2011. Meski Spurs kalah 4-3, namun Bale menyita perhatian dengan mencetak hattrick.

“Dia terlahir untuk bermain bagi Spurs. Terima kasih untuk segalanya, selamat atas karir yang luar biasa.” tulis Tottenham Hotspur dalam situs resminya saat itu.

Pada tahun 2013, Real Madrid membelinya dengan harga fantastis, Rp1,7 triliun. Hal ini dilakukan Madrid untuk memenuhi ambisinya membentuk skuad Galacticos jilid II.

Baca Juga:  Inilah PR Madura United Jelang Liga 1

Bersama Ronaldo dan Benzema terbentuklah trio BBC untuk menandingi trio MSN (Messi, Suares, Neymar) milik rival abadinya, Barcelona FC.

Selama berkostum Madrid, pemain yang memiliki kecepatan lari di atas rata-rata itu mempersembahkan berbagai piala. Total ada 22 tropi diraih Bale, termasuk lima gelar juara Liga Champions.

“Gareth Bale jadi bagian dari salah satu tim tersukses dalam sejarah klub kami dan juga momen-momen luar biasa dalam satu dekade terakhir. Dia akan selalu ada dalam sejarah klub dan telah menjadi legenda kami,” kata Real Madrid dalam pernyataan resminya pasca Bale menyatakan gantung sepatu.

Bakti Bale bagi negaranya juga luar biasa. Membukukan 111 caps dan sukses menciptakan 41 gol. Raihan itu melebihi capaian siapapun yang pernah membela The Dragon, julukan Timnas Wales. Termasuk, melampaui capaian legenda Wales dan Liverpool, Ian Rush. (ak/zul)