PERIODE II

Rajin Bersih-Bersih Usai Pertandingan, Suporter Jepang Masuk Nominasi The Best FIFA Fan Awards 2022

Media Jatim
Suporter Jepang
(Dok. Getty Images) Suporter Jepang membawa kantong plastik berisi sampah yang mereka pungut di Stadion Khalifa usai duel Jerman versus Jepang, 23 November 2022.

Internasional — FIFA secara resmi mengumumkan para nominasi yang akan menerima penghargaan sepak bola terbaik atau The Best FIFA Football Awards 2022, Kamis (12/1/2023).

Salinan dari Display Hari Bhayangkara'24_20240724_133806_0000
14_20240724_133640_0001

Melalui situs resminya, fifa.com merilis 8 kategori yang menjadi fokus dalam pemberian penghargaan tersebut.

Ketegori dimaksud meliputi pemain, pelatih dan penjaga gawang terbaik yang masing-masing dipisah antara laki-laki dan perempuan–serta
penggemar terbaik dan Puskas Award bagi pesepak bola yang mencetak gol indah.

Dalam kategori FIFA Fan Awards, penghargaan bagi suporter, pendukung Jepang menjadi salah satu nominasi, bersama para fan Argentina dan suporter asal Arab Saudi, Abdullah Al Salmi.

Suporter Jepang masuk nominasi lantaran aksi rutin mereka bersih-bersih stadion usai mendukung Tim Samurai Biru pada Piala Dunia Qatar 2022.

Baca Juga:  Santri Annuqayah Lubangsa Putri Jadi Duta Indonesia dalam Forum Kepemudaan di Jepang

“Fans Jepang mendapat respek atas tradisi mereka untuk membantu membersihkan stadion setelah pertandingan piala dunia dan untuk perilaku mereka sepanjang turnamen,” ungkap FIFA dalam situs resminya, Kamis (12/1/2023).

Pada gelaran Piala Dunia Qatar 2022 lalu, aksi bersih-bersih tersebut menjadi sorotan berbagai media internasional.

“Menjaga Qatar Rapi: Penggemar Sepak Bola Pengumpul Sampah Jepang Menjadi Bintang Piala Dunia,” tulis Euro News dalam headline-nya, 5 Desember 2022.

Salah seorang tokoh terkemuka Qatar, Mohammed Al-Jefairi bahkan secara ekstrem memuji perilaku suporter Jepang ini.

“Anda belum menjadi Muslim hingga Anda membersihkan sampah di belakang Anda. Lihat perilaku luar biasa dari penggemar Jepang, mereka membersihkan stadion meskipun ini bukan pertandingan mereka, bukan negara mereka dan bahkan bukan sampah mereka sendiri,” tulisnya lewat akun Twitter @maljefairi.

Baca Juga:  Jadi Venue Piala Dunia U-20, FIFA Minta Pasokan Listrik dan Internet di GBT Segera Ditingkatkan

Nominasi perorangan dalam kategori ini berasal dari warga Arab Saudi, Abdullah Al Salmi. Ia masuk nominasi setelah upayanya berjalan kaki melintasi gurun dari Arab Saudi ke Qatar selama 55 hari dan menempuh jarak 1.600 kilometer demi mendukung timnasnya.

Sedangkan para fan Argentina menjadi nominator atas jumlah luar biasa mereka ketika menghadiri gelaran Piala Dunia Qatar.

Pemenang dari kategori ini akan dinilai berdasarkan jumlah hasil voting terbanyak, yang mana voting tersebut bisa diikuti siapa saja, asal terdaftar sebagai user pada situs fifa.com dan tidak melebihi batas waktu voting, hingga 3 Februari mendatang.

Rencananya, FIFA akan memberikan seluruh penghargaan tersebut pada 27 Februari 2023. (ak/ky)