PERIODE II
News  

Dinilai Tak Ramah Disabilitas, DPMPTSP Akan Buat Pelayanan Tambahan di MPP Bangkalan

Media Jatim
Bangkalan
(Helmi Yahya/Media Jatim) Sejumlah kantor pelayanan publik di MPP Bangkalan yang sudah pindah lokasi, Senin (16/1/2023).

Bangkalan — Dinilai tidak ramah disabilitas, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bangkalan akan menambah layanan khusus di Mal Pelayanan Publik (MPP).

Salinan dari Display Hari Bhayangkara'24_20240724_133806_0000
14_20240724_133640_0001

Kepala Bidang Perizinan dan Non-Perizinan DPMPTSP Bangsalan Mohammad Yudhistira menyampaikan, bahwa pada tahun 2023 ini, pihaknya telah menganggarkan tambahan pelayanan khusus bagi kaum disabilitas di lantai dasar Bangkalan Plaza.

“Kami mengajukan satu tempat pelayanan tambahan khusus disabilitas di lantai bawah, nanti petugas akan menghubungi instansi terkait yang dibutuhkan untuk membantu diuruskan,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Senin (16/1/2023).

Baca Juga:  Hendak Nyoblos ke TPS, Pemakai Narkoba di Bangkalan Dibekuk Polisi

Penambahan pelayanan tersebut, kata Yudhis, lantara MPP Bangkalan mendapat teguran dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) RI pada November 2022 lalu, bahwa MPP Bangkalan katanya tidak ramah disabilitas.

“Sebab, tidak ada lift yang tersedia untuk naik ke lantai tiga. Di Mal ini kan hanya tersedia eskalator, sedangkan penyandang disabilitas harus naik ke lantai tiga untuk ke MPP,” paparnya.

Yudhis menambahkan, selain lift, Kemenpan RB juga menilai penataan MPP tidak sesuai dengan kriteria. Sebab setiap pelayanan dipisah dan dipetak, padahal harusnya MPP satu pintu.

Baca Juga:  Edarkan Pil Trex, Dua Santri Masuk Bui

“Makanya sekarang di MPP kami alihkan menjadi satu pintu, tinggal untuk disabilitas itu yang belum,” terang Yudhis.(hel/faj)