MSFC DISPLAY WEB

Tiga Titik Tembok Laut di Bangkalan Rusak, Usulan Perbaikan Belum Disetujui

Media Jatim
0
(Dok. Media Jatim) Salah satu jalan yang terkikis air laut akibat rusaknya tembok laut di Kecamatan Modung, Bangkalan, Rabu (25/1/2023).

Bangkalan — Tiga titik tembok laut di Bangkalan rusak, usulan perbaikan belum disetujui Pemerintah Daerah (Pemda). Adapun tiga lokasi tembok yang rusak, yakni di Kecamatan Tanjung Bumi, Kamal, dan Modung.

Salah satu warga sekitar Robianto mengatakan, kondisi tembok laut memang sudah rusak. Bahkan sudah sejak tahun 2022 lalu pihaknya melapor, tapi belum ada perbaikan hingga kini.

“Itu sudah di laporkan sejak tahun lalu, dan sekarang makin parah, kalau tidak diperbaiki jalannya bisa putus. Karena ketika air pasang, jalan akan terus terkikis,” katanya, Kamis (26/1/22).

Baca Juga:  Sepuluh Tahun Rencana Pembangunan Waduk Blega Tanpa Kejelasan

Pelaksana Tugas (Plt.) Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Rizal Mardiansyah menjelaskan, perbaikan tembok laut di Modung sudah diusulkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa timur dan Kementrian PUPR pada tahun 2022, namun belum ada jawaban.

“Untuk lokasi itu sudah kita usulkan di tahun 2022 ke provinsi dan pusat,” jelasnya.

Karena belum ada kejelasan, Rizal mengusulkan perbaikan melalui Belanja Tak Terduga (BTT) di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Bangkalan.

“Kami kemarin usulkan masuk di BTT, sekarang masih koordinasi dengan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapedda),” tuturnya.

Baca Juga:  Kejaksaan Sumenep Sita KM DBS V Milik PT Sumekar, Kerugian Negara Tembus Rp9 Miliar

Sementara untuk perbaikan tembok laut di Kecamatan Tanjung Bumi dan Kamal, kata Rizal, masih menunggu persetujuan dari provinsi dan kementerian. Sebab, kerusakan masih jauh dari pemukiman warga.

“Sementara kami prioritaskan perbaikan tembok laut di Modung dulu, karena sudah meresahkan warga,” pungkasnya.(hel/faj)

Banner Iklan Media Jatim