PERIODE II

SMP Plus Nurul Hikmah Konsisten Sukses Gelar Kompetisi Mata Pelajaran Sejak 2012

Media Jatim
SIGMA Plus Competition
(M. Arif/Media Jatim) Penyerahan Piala Bergilir Bupati Pamekasan kepada juara umum SIGMA Plus Competition 2023 SDI Nurul Hikmah, Sabtu (11/2/2023).

Pamekasan, mediajatim.com — Sekolah Menengah Pertama (SMP) Plus Nurul Hikmah Pamekasan menggelar SIGMA Plus Competition se-Madura sejak tanggal 9 hingga 11 Februari 2023.

Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun itu diikuti 414 peserta dengan berbagai macam lomba mata pelajaran (mapel) untuk tingkat Sekolah Dasar (SD) sederajat.

Lomba tersebut di antaranya Pendidikan Agama Islam (PAI), Bahasa Inggris, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Matematika, dan Tahfiz.

Kepala SMP Plus Nurul Hikmah Syaiful Bahri menjelaskan, kegiatan itu bertujuan untuk menggali potensi yang dimiliki santri di Madura.

“Alhamdulillah setiap tahun, kegiatan diikuti oleh ratusan siswa, dan menunjukkan SIGMA sudah diterima dengan baik oleh lembaga pendidikan di Madura,” ungkapnya kepada mediajatim.com, Sabtu (11/2/2023).

Banner Iklan Media Jatim

Selain itu, kata Syaiful, untuk menjaga agar kegiatan yang sudah dilaksanakan sejak 2012 tersebut tetap berkualitas baik, pihaknya sudah mendampingi panitia dengan supervisor.

“Tujuannya suapaya ada yang mengarahkan ketika pengambilan keputusan,” tambahnya.

Menurut Syaiful, event itu berawal dari kompetisi lokal. Namun, atas aspirasi beberapa pihak maka berkembang menjadi kompetisi tingkat regional Madura.

Dalam kompetisi SIGMA tersebut, juara satu mendapatkan tropi, tabanas, sertifikat, beasiswa, dan bebas SPP selama tiga tahun.

Sementara juara dua dan tiga berhak mendapat beasiswa selama satu tahun. Kemudian, finalis lainnya bebas masuk SMP Nurul Hikmah Pamekasan tanpa tes.

“Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi pengembangan lembaga pendidikan, dan tentunya bisa memberikan motivasi kepada peserta didik agar lebih rajin belajar ke depan,” tuturnya.

Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter SMP Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Pamekasan Munhari mengapresiasi kompetisi tersebut. Menurutnya, hal itu berdampak positif kepada pengembangan lembaga pendidikan.p

Baca Juga:  Mengenal Gus Adin Wisudawan Berprestasi UTM: Hafal Al-Qur'an 30 Juz dalam Jangka 130 Hari

“Saya rasa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi peserta didik, sehingga mereka lebih semangat dalam menggapai prestasi sejak di bangku sekolah dasar,” jelasnya, Sabtu (11/2/2023)

Munhari juga menyebutkan, pihaknya sangat berterimakasih kepada SMP Plus Nurul Hikmah yang sudah mengenalkan Pamekasan sebagai salah satu kota yang menjunjung prestasi dan akhlak.

Sementara Supervisor SIGMA Plus Competition Amelia Susanti menilai, panitia sudah melaksanakan tugas dan tanggung jawab dengan baik, sehingga dipastikan keputusan juara lomba sudah final.

“Sesuai pengamatan, saya rasa tidak ada kekurangan secara signifikan di SIGMA 2023 ini, tinggal tahun depan lebih dimeriahkan lagi. Insyaallah pihak sekolah mampu,” paparnya, Sabtu (11/2/2023).

Berdasarkan akumulasi poin peraihan juara lomba, panitia penyelenggara menetapkan SDI Plus Nurul Hikmah menjadi juara umum dengan 28 poin dan berhak membawa pulang Piala Bergilir Bupati Pamekasan. (rif/zul)