Pemkab Bangkalan Butuh Anggaran Rp150 Juta untuk Penambahan Sarpras Toilet SGB

Media Jatim
Toilet SGB
(Helmi Yahya/Media Jatim) Pemerintah Kabupaten Bangkalan melihat kebutuhan sarana dan prasarana yang kurang di toilet belakang Stadion Gelora Bangkalan (SGB), Rabu (15/2/2023).

Bangkalan, mediajatim.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan butuh anggaran sekitar Rp150 juta untuk melengkapi sarana dan prasarana (Sarpras) toilet di belakang Stadion Gelora Bangkalan (SGB) agar segera bisa dioperasikan.

Padahal proses pembangunannya pada tahun 2020 lalu, sudah menelan biaya Rp180 juta dari Dana Insentif Daerah (DID). Tetapi karena sarana dan prasarananya belum lengkap, hingga kini, toilet umum tersebut belum bisa digunakan.

Plt Bupati Bangkalan Mohni menjelaskan, kebutuhan anggaran untuk penambahan sarana dan prasarana toilet diperkirakan butuh Rp150 juta.

“Anggarannya sudah dirancang oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda),” ulasnya, Rabu (15/2/2023).

Baca Juga:  Miliaran, Ini Daftar Harta dan Kekayaan Kepala Kantor Pelayanan Pajak Pamekasan!

Menurut Mohni, anggaran tersebut nanti akan digunakan untuk membangun kanopi, teralis, pompa air dengan volume yang lebih besar, sekaligus juga tempat petugas yang akan berjaga.

“Ini kan nanti akan ditarif, jadi bisa menjadi bagian dari sumber pendapatan daerah meskipun kecil,” ulasnya.

Kedati demikian, Mohni belum bisa memastikan apakah anggaran tersebut bisa diakses dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Bangkalan tahun 2023.

“Saya belum tahu anggarannya bisa disediakan atau tidak, makanya nanti akan saya tanyakan ke Bappeda, semoga saja ada dan tahun ini bisa beroperasi,” tutupnya.

Baca Juga:  Madura United Kalah Lagi, Mauricio Souza Sesali Kesalahan Lini Belakang

Saat dikonfirmasi, Kepala Bidang Infrastruktur Wilayah Bappeda Bangkalan Feilgie Suryaprana ternyata juga belum bisa memastikan mengenai ketersediaan anggaran untuk toilet di SGB tersebut.

“Nanti kami cek lagi di APBD 2023, karena ini berkaitan dengan infrastruktur,” tuturnya, Rabu (15/2/2023).

Jika memang ada anggaran yang bisa diserap, kata Feilgie, maka bisa diproyeksikan untuk penambahan sarana dan prasarana di toilet SGB.(hel/faj)